Pemkab Siapkan Lahan Pemakaman Baru untuk Warga Garut Kota

45
1
TINJAU. Bupati Garut H Rudy Gunawan meninjau lokasi pemakaman umum di wilayah Kampung Pasir Pogor Kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota. Diskominfo Garut

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten Garut menyiapkan lahan baru untuk pemakaman umum di wilayah perkotaan Garut. Lahan disediakan Pemkab Garut untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan lahan pemakaman di wilayah perkotaan.

“Sekarang lahan pemakaman umum di wilayah perkotaan mulai penuh. Jadi kita sediakan lahan baru,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, Rabu (28/10).

Menurut dia, lahan pemakaman baru yang disediakan luasnya dua hectare, tepatnya di Kampung Pasir Pogor Kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota. “Lahan ini dibeli Pemkab Garut tahun 2019 seharga Rp 3,2 miliar. Sekarang sudah disertifikatkan atas nama Pemkab Garut,” ujarnya.

Rudy menerangkan lahan pemakaman yang disiapkan bukan untuk pasien Covid-19, tetapi untuk pemakaman umum masyarakat di wilayah perkotaan.

“Lahan ini untuk mem-back up pemakaman di wilayah perkotaan dan ini bisa menampung sebanyak 10.000 makam,” ujarnya.

Rudy mengatakan pengadaan lahan untuk pemakaman bukan hanya di wilayah tersebut, tetapi di beberapa wilayah di perkotaan Garut.

“Kita sedang proses pengadaan lahan pemakaman ini di wilayah Sukadana sekitar satu hektare,” terangnya.

Menurut dia, pengadaan lahan untuk pemakaman terus dilakukan, karena area makam di wilayah perkotaan sudah mulai sedikit.

Baca juga : Libur Panjang, Tempat Wisata di Garut Harus Perketat Prokes

“Idealnya di wilayah kota Garut ini ada 5 hektare lahan pemakaman baru, karena warganya juga padat,” ujarnya.

Maka dari itu, tambah dia, Pemkab Garut menargetkan sampai tahun 2022 bisa menyiapkan 10 hektare untuk pemakaman umum untuk wilayah perkotaan dan wilayah sekitar di Kabupaten Garut.

Kepala Bidang Pemakaman dan Pertamanan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut Dangsani mengakui saat ini lahan pemakaman di wilayah perkotaan Garut mulai menyusut.

“Memang ada satu lokasi pemakaman di Panyireupan kondisinya sudah penuh dan belum diperluas karena tidak ada lahan. Tapi untuk pemakaman lain sudah mulai diperluas,” ujarnya.

Dangsani menuturkan luas lahan pemakaman yang dikelola oleh pemerintah daerah hanya sekitar 9,7 hektare tersebar di 42 kecamatan. Untuk lahan pemakaman di perkotaan, kata dia, memang harus sudah diperluas, karena jumlah penakaman yang sudah cukup padat.

Sesuai Peraturan Pemerintah nomer 8 Tahun 1987, bahwa pemerintah daerah harus menyediakan sarana sosial seluas 20 persen dari total luas wilayah.

Atas dasar itu, pihaknya sudah menginventarisir pemakaman di perkotaan yang sudah layak dikembangkan, sesuai perbandingan jumlah penduduk dan kepadatan pemakaman. (yna)

1 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah, semoga Pemkab Garut dapat menyediakan lahan pemakaman bagi warganya, karena memang hamper rata seluruh pemakaman umum yang berada di wilayah masing-masing sudah penuh, mohon bantuannya juga untuk Tanah pemakamakan warga Desa Cimanganten, saat ini sudah di tumpuk 2, alias memakamkan jenazah sudah menggunakan makam yang sudah tidak diurus oleh keluarga nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.