Anggarkan di APBD Perubahan untuk Beli Blangko KTP-el

Pemkab Siapkan Rp 1 Miliar

51
0
PERESMIAN. Bupati Garut H Rudy Gunawan meresmikan gedung Disdukcapil Senin (13/1). Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Garut akan menganggarkan Rp 1 miliar untuk mencetak blanko KTP-el. Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyiapkan anggaran Rp 1 miliar untuk mencetak blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Hal tersebut dikatakan Bupati Garut H Rudy Gunawan.

“Saya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat, katanya daerah boleh mencetak blangko KTP-el ini dengan anggaran APBD,” ujar bupati kepada wartawan usai peresmian gedung Disdukcapil baru di Jalan Patriot Tarogong Kidul, Senin (13/1).

Kata dia, anggaran untuk blangko KTP-el tersebut akan dikeluarkan pada anggaran perubahan nanti. “Tahun ini diperbolehkan, katanya tadi bahwa kita bisa beli blangko ke pusat. Kita mau beli blanko ke pusat,” ucapnya.

Baca juga : Biaya tak Terduga Bencana Alam di Garut Capai Rp 30 Miliar

Menurut Rudy, ada surat edaran dari Kemendagri yang memperbolehkan daerah menambah biaya cetak KTP-el. Namun, pencetakan tetap dilakukan pemerintah pusat. “Jadi kita, lewat APBD menyediakan anggaran untuk mencetak di Kemendagri,” katanya.

Kata dia, dengan anggaran Rp 1 miliar pemkab berharap bisa mendapatkan 100.000 blangko KTP-el. “Artinya, kalau setiap kecamatan ada 2.500 blangko kan aman,” ucap Rudy.

Saat ini, kata dia, Disdukcapil Garut kerap kehabisan stok blangko. Rudy menyebut hanya ada sekitar 5.000 blangko KTP-el yang tersedia di Disdukcapil setiap bulannya. Padahal, pemohon KTP-el melebihi jumlah itu setiap bulan.

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.