Pemkab Siapkan Ruangan Khusus untuk Kejaksaan

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan menyiapkan ruangan khusus untuk Kejaksaan Negeri (Kejari) di sekretariat daerah (setda).

Hal itu diungkapkan Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum setelah menandatangani nota kesepahaman bersama Kejari terkait pendampingan hukum bidang perdata dan tata usaha negara, Senin (3/9).

“Ruangan khusus kejaksaan di setda ini supaya kita bisa lebih dekat, mudah dan cepat dalam berkoordinasi terkait persoalan hukum yang menyangkut pemerintahan daerah,” ujarnya kepada wartawan kemarin.

Uu mengatakan kerja sama ini sebagai upaya dalam menciptakan pemerintah bersih dan hebat. Sehingga roda pemerintahan berjalan sesuai dengan aturan.

Mengingat Kabupaten Tasikmalaya berada di peringkat 3 se-Jawa Barat pada bidang kecepatan dan ketepatan dalam melaksanakan rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Termasuk nota kesepahaman dengan Kejari ini salah satu dari rekomendasi BPK,” ungkapnya.

Tempat yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya Laswan Muchtar SH mengatakan nota kesepakatan tersebut salah satu strategi penting dalam menjawab perkembangan persoalan yang berkaitan dengan masalah hukum perdata dan tata usaha negara.

“Nota kesepahaman ini meliputi penegak hukum, bantuan dan pertimbangan hukum lainnya. Dengan adanya kesepakatan ini mewakili Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dalam hubungan perdata dan tata usaha negara ketika ada pihak yang menggugat baik secara ligitasi atau non ligitasi,” katanya.

Dengan ini, Kejari bisa memberikan informasi secara menyeluruh sebagaimana proses dan kerja sama untuk identifikasi permasalahan. “Kemudian dilanjutkan penyelesaian baik melalui jalur pengadilan mau pun penyelesaian sengketa alternatif,” ungkapnya. (ujg)

loading...