Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.2%

20.4%

8.1%

67.3%

Pemkab Tasik Kekurangan Bidan Desa, Rumah Sakit Tipe D Siap Dibangun

119
0
DIAMBIL SUMPAH. Para PNS bidan diambil sumpah jabatan dan dilantik oleh Sekda Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen, kemarin. DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya masih kekurangan banyak pegawai negeri sipil (PNS) bidan untuk ditempatkan di desa.

Dari 351 desa masih ada yang belum tersedia bidan desa. Terlebih, tahun ini Pemkab Tasikmalaya akan membangun rumah sakit tipe D di beberapa wilayah.

Baca juga : Soal THR, Disnaker Kabupaten Tasik Minta Pengusaha Berdialog dengan Pekerja

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Dr Mohamad Zen mengatakan, keberadaan PNS bidan saat ini masih kekurangan. Terlebih untuk ditempatkan di desa-desa, karena belum semua desa memiliki bidan PNS.

“Idealnya setiap desa ada seorang PNS bidan. Dari 351 desa kebutuhan PNS bidan belum merata dan terpenuhi.

Hampir setiap tahun kekurangan ini terus kami usulkan kepada pemerintah pusat,” kata Zen kepada Radar, Jumat (8/5).

Lanjut dia, untuk pengangkatan PNS itu kabupaten kota tidak bisa menentukan kuota, yang menentukan adalah pemerintah pusat.

Pemerintah daerah hanya mengusulkan kepada Kemenpan-RB dengan analisis jabatan dan beban kerja yang ada.

“Memang kita mengusulkan sesuai dengan kebutuhan, tapi yang memberikan keputusan adalah pemerintah pusat yang menghitung dengan kemampuan anggarannya,” ujarnya.

Tahun ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan membangun rumah sakit tipe D di Cikatomas. Sehingga pastinya membutuhkan sumber daya manusia maupun alat kesehatan yang memadai.

“Untuk anggaran pembangunan awalnya sudah disiapkan Rp 18 miliar lebih dan untuk tanahnya sudah tersedia di lahan sekitar tiga hektare yang akan segera dibangun,” ujarnya, menjelaskan.

“Jika sudah dibangun pasti kami membutuhkan PNS perawat, bidan dan tenaga dokter ahli. Mudah-mudahan tahun ini bisa dibangun setelah wabah Covid-19 reda dan target 2021 pengadaan alkes, SDM siap termasuk pembangunan rampung dan beroperasi,” paparnya.

Dia menambahkan, pemerintah daerah pun sudah mempersiapkan kebutuhan usulan PNS di bidang kesehatan dengan dibangunnya beberapa rumah sakit tipe D di kabupaten ke depannya.

“Selain di Cikatomas, rencana akan dibangun juga rumah sakit tipe D di Ciawi, Karangnunggal dan Manonjaya.

Karena di Cikatomas lahan sudah siap dan ada maka didahulukan. Sedangkan kebutuhan PNS-nya diusulkan ke pusat,” katanya.

Baca juga : Diberi Beras, Warga Kabupaten Tasik Diimbau Tetap di Rumah

Plt Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tasikmalaya Drs H Iin Aminudin MSi menjelaskan, dalam acara kegiatan pengambilan sumpah dan janji para PNS yang diangkat dari tenaga kesehatan bidan jumlahnya 15 orang dan mereka akan mulai ditempatkan untuk bekerja.

“Setelah dilantik, otomatis SK penugasan PNS-nya keluar,” terang dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.