Pemkab Tasik Optimalkan Jaringan Kerjasama Promosi Wisata

83
0
radartasikmalaya
Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya menggelar workshop Pengembangan Jaringan Kerjasama Promosi Wisata, di Hotel Harmoni, Selasa (8/12).

TASIK – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya menggelar workshop Pengembangan Jaringan Kerjasama Promosi Wisata, di Hotel Harmoni, Selasa (8/12).

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya, Drs H Nana Heryana MM mengatakan, sekarang ini bagaimana promosi pariwisata di Kabupaten Tasikmalaya bisa masif dan betul-betul sudah menjadi satu tujuan atau satu kebutuhan.

“Seperti daerah tujuan wisata Yogyakarta, disana pelaku usaha atau pelaku promosi atau pelaku jasa wisata itu betul-betul sinergis. Sehingga satu kesatuan bagaimana mengembangkan pariwisata, meskipun dengan potensi kecil namun bisa menggelegar menjadi tujuan wisata,” ujarnya kepada Radar.

Kata Nana, Kabupaten Tasikmalaya harus mengembangkan promosi wisata dan harus ada tujuan wisata dulu.

Dimana tujuan wisata di Kabupaten Tasik ada dalam RPJMD atau rencana induk lapangan kepariwisataan.

“Mudah-mudahan tahun ini dapat selesai pembangunan wisata Gunung Galunggung sebagai obyek wisata daerah tujuan wisata,” harapnya.

Kemudian tujuan kearifan lokal Kampung Naga, tujuan wisata religi ke Pamijahan, dan Wisata Laut Karangtawulan yang menjadi prioritas utama.

Itu semua, kata dia, merupakan tujuan wisata yang harus difokuskan.

Sehingga nanti setelah itu menjadi daerah tujuan wisata, sebagai selternya nanti dikembangkan obyek wisata, desa wisata sebagai tujuan wisata sebagai alternatif yang dipromosikan.

“Sekarang memang kita mengadakan workhop dalam mengembangkan jaringan pengembangan promosi wisata, bagaimana sinergitas pengembangan jasa usaha, promosi usaha ini, karena dalam hal ini jasa dengan pemerintah itu harus betul betul sinergis,” paparnya.

Menurutnya, perlu ada kerjasama bahwa jasa prmomosi itu secara otomatis akan mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

Promosi wisata ini harus betul-betul masif oleh seluruh stakeholder. Baik jasa hotel, biro, pelaku usaha, seni dan pelaku usaha kerajinan.

Itu ada sinergitas seluruhnya dalam satu kesatuan untuk mempromosikan wisata.

Jenis pariwisata di Kabupaten Tasikmalaya itu ada wisata alam, pantai, religi dan sejarah budaya.

Dimana wisata alam diketahui dan dipahami memiliki curug yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, juga guha lebih dari 50 yang belum terekspos dan terpromosikan.

Kemudian curug juga hampir lebih dari 20 curug yang ada di Kabupaten Tasikmalaya yang perlu dikembangkan serta wisata baharinya.

“Itu merupakan 4 jenis kategori wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya,” ungkapnya.

Kasi Kerjasama dan Kemitraan Aye Rahmat Hidayat menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah untuk mempromisikan wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

“Setiap kegiatan berusaha mensinergiskan seluruh pelaku usaha, juga kita kembangkan lebih banyaknya spot untuk tempat berswafoto,” ujarnya.

Menurutnya, selain itu secara masif juga harus bekerjasama dengan seluruh biro perjalanan, untuk bisa memfasilitasi datangnya wisatawan ke Kabupaten Tasikmalaya.

“Kita harus menggenjot promosi wisata dan kita harus kembangkan dulu bagaimana kita berbenah diri untuk pengembangan wisata di Kabupaten Tasikmalaya,” kata dia menambahkan.

(radika robi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.