Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

2.8%

19.1%

7.2%

70.9%

Pemkab Tasik Salurkan BLT Rp200 Ribu di 8 Desa se-Kecamatan Jamanis, Banyak Data Double

918
1

JAMANIS – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mewakili Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat di 8 desa se-Kecamatan Jamanis, Rabu (20/5).

Pembagian BLT tersebut didampingi oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, serta semua unsur Muspika di wilayah masing-masing Kecamatan, yang dilaksanakan secara serentak.

Kepala Desa Karangmulya, Wahyudi Hartono mengungkapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya kepada warganya.

“Yang mendapatkan bantuan sebanyak 302 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Itupun ada beberapa KPM yang ditemukan double data, padahal data yang diberikan sudah sesuai. Mudah-mudahan tidak terjadi kecemburuan sosial di masyarakat,” ujarnya kepada Radar.

Wahyudi khawatir, KPM yang double data menerima dua kali bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tasikmalaya tersebut. Sehingga dilakukan pengecekan ulang oleh para RT.

Besaran yang diterima oleh warganya tersebut sebesar Rp200 ribu per KPM berupa uang tunai. Bantuan itu untuk dibelikan untuk keperluan kebutuhansehari-hari.

Wahyudi belum mengetahui bantuan tersebut akan berlangsung saat itu saja atau disamakan selama 3 bulan dengan BLT Desa.

Atau ada perpanjangan waktu BLT Dana Desa. Bahwa Dana Desa akan dilanjut selama 6 bulan. Yang awal Rp600 ribu menjadi Rp300 ribu.

“Sebetulnya sudah dilema kembali bagi desa, dikarenakn banyak perubahan. Tapi mudah-mudahan Pemerintah Desa, Kabupaten, Provinsi maupun Pusat tetap dapat melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin,” kata dia.

Wahyudi menyebutkan, perangkat desa tidak mengenal lelah bahkan hari libur pun tidak pernah libur dan tetap bekerja.

Hal itu dilakukan untuk memvalidasi data agar akurat, dan tepat bahwa bantuan sampai ke masyarakat.

Ia sangat menyambut baik bantuan yang telah disalurkan itu. Pasalnya sangat membantu para KPM yang tidak tercover oleh bantuan seperti dari Kemensos, Provinsi Jabar dan juga BLT dana Desa.

“Jadi 302 KPM itu diluar penerima bantuan dari yang disebutkan tadi. Jadi kalo double data ketahuan, mana yang sudah terdata mendapatkan bantuan di luar BLT dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya,” ucapnya.

Wahyudi menambahkan, dilapangan ada saja ditemukan warga yang cemburu karena belum atau bahkan tidak menerima bantuan. Ia memberikan pemahaman dan himbauan agar tetap bersabar.

Pasalnya pemdes sedang berjuang memvalidasi data, bilamana ada yang belum tercover oleh bantuan-bantuan dari yang lainnya.

“Mudah-mudahan dengan bantuan dari berbagai aspek dapat tercover semua, agar tidak ada kecemburuan sosial di lingkungan masyarakat,” ucapnya.

Kadus Sanghiang Teras Desa Karangmulya, Enjang Samsul Arifin mengatakan, di kedusunannya terdapat 99 KPM yang Menerima bantuan Langsung Tunai dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Diantaranya sebanyak 18 KPM double nama dan double bantuan.

“Mereka itu ada yang sudah mendapatkan bantuan PKH dan Bantuan Sembako dari Kemensos. Sementara ditahan dulu dan tidak diberikan kepada KPM. Saya akan konfirmasi dengan pihak kecamatan,” kata Enjang menjelaskan.

(radika robi)

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.