Butuh Rp 1,6 Miliar untuk Memberikan Reward Peraih Medali

Pemkab Tasikmalaya Berutang Bonus Atlet

230
0
Ilustrasi

SINGAPARNA – Tidak adanya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018 bukan hanya berdampak kepada pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya. Melainkan bonus atlet yang meraih medali di Porda Jabar 2018 pun terancam diutang atau tak dibayarkan tahun ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Drs H Abdul Kodir MPd mengakui memang saat ini tidak ada alokasi anggaran perubahan. Sehingga kemungkinan besar untuk bonus atlet tidak bisa dibayarkan tahun ini. Walaupun demikian, pihaknya berjanji tetap akan membayarkan bonus untuk para atlet yang berprestasi pada Porda Jabar di Kabupaten Bogor.

“Insyaallah kita berikan bonus, sekarang baru Oktober. Masih ada waktu dua bulan lagi, November dan Desember 2018. Nanti di awal penyusunan anggaran murni awal 2019 bonus akan segera direalisasikan,” ungkap Kodir kepada Radar, Rabu (17/10).

Kodir mengaku sudah menerima usulan besaran bonus untuk para atlet yang berhasil meraih medali pada even olahraga empat tahunan ini. “Besarannya sudah ada, tapi tetap nanti kita sesuaikan dengan kemampuan anggaran. Tapi kita usahakan bisa sesuai dengan usulan dan diharapkan para atlet bisa bersabar menunggunya,” harapnya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tasikmalaya Drs H Saeful Hidayat mengatakan pelaksanaan porda sudah selesai dan menempatkan kabupaten pada posisi delapan dengan 23 medali emas. Walaupun demikian, bonus untuk atlet peraih medali emas yang dijanjikan belum kunjung diterima dari pemerintah daerah. “Urusan bonus kewenangan dari pemerintah daerah dan KONI hanya mengusulkan saja. Tapi sampai saat ini belum diterima dan kemungkinan terhambat karena tidak adanya APBD-P,” terangnya.

KONI sudah mengusulkan pada anggaran perubahan tahun ini untuk bonus atlet peraih medali emas masing-masing mendapatkan uang sebesar Rp 50 juta, perak Rp 15 juta dan perunggu Rp 10 juta. Hasil perolehan medali, Kabupaten Tasikmalaya meraih 23 medali emas, 19 perak dan 25 perunggu.

“Jadi jika dihitung untuk peraih medali emas anggaran yang dibutuhkan Rp 1.150.000.000. Perak Rp 285.000.000 dan perunggu Rp 250.000.000,” ungkapnya.
KONI menyerahkan semuanya kepada pemerintah daerah dalam menyelesaikan bonus bagi atlet. Diharapkan pemerintah mampu memberikan bonus sesuai usulan kepada atlet peraih medali. Karena mereka sudah berjuang dengan keras untuk bisa meraih medali demi mengharumkan Kabupaten Tasikmalaya di ajang Porda Jabar. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.