Pemkab Tasikmalaya Tanamkan Sadar Hukum & HAM pada Pelajar

56
0
PELANTIKAN. Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tasikmalaya Dr H Hening Widiatmoko MA melantik pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM di Off Room Setda, Senin (23/11). Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya
PELANTIKAN. Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tasikmalaya Dr H Hening Widiatmoko MA melantik pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM di Off Room Setda, Senin (23/11). Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya
Loading...

TASIK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya mendukung penuh upaya penyadaran para pelajar akan hukum dan hak asasi manusia (HAM).

Senin (23/11), pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM pun dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tasikmalaya Dr H Hening Widiatmoko MA di Off Room Setda.

Widiatmoko menyebut forum tersebut sangat unik karena dihuni oleh para pelajar. Apalagi mereka telah terlibat dalam berbagai hal yang biasanya menjadi tanggung jawab orang dewasa.

“Tentu dengan adanya forum ini akan berdampak baik, karena dengan ini akan lebih menggema terhadap kesadaran hukum ini terutama di kalangan anak muda,” ujar dia.

Widiatmoko menyatakan pemerintah bersyukur ada anak-anak sekolah yang berkiprah dalam meningkatkan kesadaran hukum. Dia yakin para pengurus forum akan mengajak teman-teman sebayanya untuk turut serta memahami hukum dan HAM.

Loading...

“Setelah itu mereka akan terdorong mematuhi aturan-aturan seperti menjauhi narkoba, miras dan lainnya yang melawan hukum,” kata dia.

Menurut dia, sejauh ini para pelajar masih ada sulit menaati hukum. Maka dari itu, diharapkan keberadaan forum itu memberikan dampak terhadap peningkatan kesadaran pelajar untuk patuh terhadap hukum dan HAM.

“Mudah-mudahan akan lebih efektif dalam penyadaran hukum terhadap teman sebayanya,” ujar dia.

Dalam pelantikan dan pengukuhan itu ada juga penobatan Duta Hukum-HAM. Widiatmoko berharap mereka menjadi pendorong dan penyemangat sesama pelajar. Pengalaman mereka berkiprah di forum juga diharapkan menjadi bekal ketika mereka mendirikan organisasi saat dewasa nanti.

“Kami minta kesadaran hukum ini juga selain disosialisasikan kepada teman sebayanya juga kepada masyarakat minimal di lingkungan keluarganya,” kata dia.

Dia meminta para pelajar yang menjadi pengurus di forum segera membuat rencana jangka pendek untuk menyosialisasikan program sadar hukum dan HAM.

“Kita akan mendorong mereka melaksanakan program kerja yang terukur, terjangkau tetapi efektivitas dalam penyadaran hukum efektif,” tutur dia.

Ketua Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat Nandi berharap, keberadaan forum itu bermanfaat dan meningkatkan kesadaran hukum di Kabupaten Tasikmalaya sehingga kasus-kasus pelanggaran hukum di pelajar khususnya masyarakat bisa menurun.

“Mudah-mudahan kontribusi kami ini mampu menyadarkan akan adanya hukum dan HAM,” tutur dia.

Ketua Forum Pelajar Sadar Hu­kum dan HAM Kabupaten Tasik­malaya Wanda Nugraha menga­takan, saat ini kesadaran hukum diperlukan semua pihak termasuk para pelajar.

“Mudah-mudahan kami mampu menyadarkan hukum di kalangan pelajar di masyarakat,” harap dia. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.