Pemkot Banjar Bentuk Badan Promosi Wisata, Ini Tujuannya..

51
0

BANJAR – Mengembangkan Desa Wisata bukan hanya sekadar membangun tempat pariwisata, tapi bagaimana menarik pengunjung datang berwisata ke Banjar. Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana.

Dia menjelaskan, dalam mewujudkan Desa Wisata, perlu peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata agar Desa Wisata bisa berjalan dengan baik. Karena bukan hanya sekadar membangun tempat wisata, tapi geliat ekonomi para UMKM dan budaya.

“Misal geliat ekonomi, menawarkan berbagai hasil olahan dari UMKM, dan menampilkan seni budaya yang ada di Kota Banjar agar pengunjung datang,” ujar dia kepada wartawan, Kamis (5/11) seusai menghadiri kegiatan peningkatan peran serta masyarakat di aula Desa Sinartanjung.

Apalagi, kata dia, Kota Banjar memiliki dua kebudayaan yakni Sunda dan Jawa. Itu menjadi salah satu potensi sebagai daya tarik wisatawan datang. Tentu dengan menjalin kemitraan antara masyarakat dengan pemerintah setempat.

Baca juga : Kepala Dinas di Kota Banjar Harus Berkualitas

Maka dengan kebersamaan segala sesuatu potensi yang ada di desa bisa digali dengan baik. Bukan hanya potensi wisata, tapi potensi lainnya.

“Kita rencana akan bentuk Badan Promosi Pariwisata, pemandu wisata yang di dalamnya para pemuda kreatif. Itu secepatnya dibentuk, karena saat ini regulasi kepariwisataan masih dibahas di DPRD,” jelasnya.

Nana berharap, saat ini masih pandemi Covid-19, masyarakat jangan terpuruk oleh keadaan. Tapi harus bangkit dengan memanfaatkan potensi yang ada saat ini agar ada geliat perekonomian.

Kepala Desa Sinartanjung Asep Hendra mengaku bersama-sama masyarakat membangun Desa Wisata dengan memanfaatkan potensi yang ada. Mulai dari tempat wisata, mengolah limbah menjadi kerajinan, makanan olahan dan lainnya.

“Kita sedang fokus mengembangkan itu, karena saat ini terkendala Covid-19, maka rencana itu terhenti. Mudah-mudahan tahun depan bisa dilanjutkan prosesnya agar ada geliat ekonomi di masyarakat,” ujarnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.