Pemkot Banjar Diminta Serius Bangkitkan BWP dan PDAM

33
0
Ramdhani

BANJAR – Ketua HMI Cabang Kota Banjar Ramdhani mengapresiasi langkah yang dilakukan massa dari Forum Reformasi Dinasti Banjar (FRDB).

Menurut dia, dua perusahaan daerah (perusda), PDAM Tirta Anom dan Banjar Water Park (BWP) memang sudah saatnya bangkit.

Dirinya berharap legislatif, eksekutif atau dewan penasehat di masing-masing perusda tidak menunggu ada riak baru menangani. Justru harus ada sinergitas secara holistik antara ketiganya.

“Jangan sampai menganggap sama antara perusda dengan swasta. Karena perusda pertanggung jawabannya jauh lebih berat,” kata dia.

Terpisah, pengamat pemerintahan Sidik Firmadi SIP, MIP menilai kedua perusda memang harus diperbaiki dan dibangkitkan.

“Seharusnya pemerintah mengucapkan terima kasih dan melibatkan FRDB dalam perbaikan PDAM dan BWP, sepanjang untuk kepentingan umum dan kemajuan Kota Banjar,” katanya.

Sidik pun memberi masukan. Menurut dia, ada beberapa langkah yang dapat ditempuh Pemerintah Kota Banjar untuk memperbaiki PDAM dan BWP. Pertama, melakukan perombakan kepengurusan.

“Karena sudah jelas kepengurusan sebelumnya telah gagal,” ungkap dosen di STISIP Bina Putra Banjar ini.

Kedua, memberikan suntikan modal. Bisa melalui investor atau dana dari pemerintah. Modal tersebut nantinya harus dipergunakan untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang ada.

Ketiga, dengan menghitung ulang biaya produksi (modal) dan biaya operasional yang dikeluarkan. Agar kemudian dapat ditentukan tarif PDAM dan BWP.

“Sehingga ke depan pendapatan dapat menutup biaya operasional dan dapat memberikan keuntungan bagi Pemerintah Kota Banjar,” tuturnya.

Dirinya berharap Pemerintah Kota Banjar benar-benar serius dalam memperbaiki PDAM dan BWP. “Jangan cuma hangat-hangat di awal, tapi ujung-ujungnya tidak jalan dan yang ada malah merugi,” katanya. (nto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.