Pemkot Banjar Diminta Tak Lepas Tangan Masalah PDAM

47
Soedrajat Argadireja

BANJAR – Presidium Forum Reformasi Dinasti Banjar (FRDB) Soedrajat Argadireja menuntut Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar serius menangani pemulihan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Anom dan Banjar Water Park.

Menurut dia, untuk memulihkan dua perusahaan daerah (perusda) itu tidak cukup menargetkan maksimal dua tahun kepada diektur baru.

Mantan anggota DPRD Kota Banjar ini meminta pemerintah kota memahami seluk-beluk dan akar permasalahannya.

“Contoh PDAM yang katanya tunggakannya besar dan tidak pernah mendapat untung. Ini harus dipahami betul oleh kepala daerah, apa permasalahan sebenarnya,” kata Ajat Doglo –sapaan akrab Soedrajat Argadireja– Senin (24/6).

Dia menyebut pada 2011, akumulasi kerugian PDAM mencapai Rp 2 miliar. Bahkan sejak 2008 nilai kerugiannya tak jauh beda. Sehingga pada 2012 PDAM mengusulkan kenaikan tarif ke dewan.

Seharusnya, kata dia, setelah menaikkan tarif, PDAM mendapat keuntungan. Bukan kembali tekor. “Tapi pertanyaannya, kenapa dinaikkan kalau sampai saat ini tidak pernah untung? Kenapa masih tidak mendapat keuntungan. Malah yang ada pada 2017 PDAM melakukan rekrutmen pegawai sebanyak 22 orang. Katanya kondisinya tidak pernah untung alias rugi, malah nambah beban operasional pegawai,” katanya.

Ia meminta pemerintah kota duduk bersama stakeholder di PDAM, dari mulai badan pengawas, direksi menyelesaikan permasalahan tersebut. Bukan lepas tangan kemudian melakukan ultimatum terhadap direktur yang baru.

“Ini pekerjaan rumah penting. Pemerintah nggak bisa lepas tangan begitu saja, kepala daerah harus memahami dulu penyakitnya apa,” katanya.

Soal Banjar Water Park, Ajat Doglo meminta pemkot memiliki komitmen yang jelas dan kuat dengan pihak ketiga.

“Dengan investasi itu aturan main dan MoU bagaimana? Harus diinventarisir terlebih dahulu berapa riil nilai aset dari Water Park saat ini. Kondisinya harus seperti apa? Jangan sampai nanti ada perubahan bentuk dan sebagainya itu tidak jelas hitung-hitungan dan komitmennya,” ungkapnya. (cep)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.