Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Pemkot Banjar Harus Siapkan Rest Area yang Nyaman

34
0
Herdiana Pamungkas Ketua DPC Partai Gerindra Kota Banjar
Herdiana Pamungkas Ketua DPC Partai Gerindra Kota Banjar

BANJAR – Rencana pembangunan Tol Bandung-Tasik-Cilacap harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat Kota Banjar. Karena kehadiran tol diharuskan memberikan nilai tambah bagi pembangunan perekonomian di Kota Banjar.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjar H Herdiana Pamungkas menjelaskan jika exit tol ada di Banjar, Pemkot Banjar harus sudah siap menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, termasuk rest area yang representatif bagi pengendara agar pengguna tol mampir di Kota Banjar.

“Sekarang bagaimana Pemkot Banjar bisa menyajikan sebuah wahana, tempat atau area yang membuat orang merasa nyaman dan aman mampir di kota Banjar,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (10/10) di kantornya seusai rapat paripurna.

Dia mencontohkan. Dia senantiasa mampir di Rest Area 97 Tol Cipularang untuk beristirahat. Rest area tersebut betul-betul memberikan pelayanan kepada pengguna jalan tol. Di sana, tersedia sarana ibadah memadai, kuliner, pakaian dan lainnya.

Herdiana mengharapkan Pemkot Banjar mampu memanfaatkan exit tol tersebut. Tol bukan hanya dinikmati pengguna jalan, namun menjadi sebuah nilai tambah bagi masyarakat Kota Banjar.

“Bagaimana (kehadiran tol, Red) meningkatkan laju pertumbuhan perekonomian di Kota Banjar,” kata dia menjelaskan.

Pemkot Banjar harus mendukung kehadiran tol tersebut. Pengendara yang keluar dari tol bisa beristirahat, bertransaksi dan menikmati makanan serta wisata di Kota Banjar.

Kehadiran tol juga akan memudahkan keluarga di luar kota bisa cepat dan mudah pulang ke kampung halaman, tanpa perlu macet-macetan dijalan.

“Coba kalau exit tolnya hanya sampai di Tasik. Tetap masih macet untuk sampai ke Banjar, sehingga hal ini perlu diperjuangkan dan berharap ada nilai tambah ekonomi bagi masyarakat dan Pemkot Banjar itu sendiri.

Anggota DPRD Kota Banjar H Mujamil sangat mendukung adanya exit tol di Kota Banjar, karena mendongkrak pertumbuhan perekonomian masyarakat dan menggeliatkan potensi lainnya.

“Saya mendukung sekali, karena dampaknya sangat besar demi kemajuan Kota Banjar,” tuturnya.

Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana, sebelumnya, sangat berharap exit tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap berada di Kota Banjar. Sejauh ini, pihaknya pun terus berjuang agar pintu tol di Kota Banjar.

Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar, kata Nana, akan menyambutnya dengan membangun rest area representatif jika harapan itu terwujud. Pada rest area tersebut akan disediakan mal, tempat rekreasi dan wahana wisata.

Lokasi itu diharapkan mampu membuat pengendara yang masuk ke Kota Banjar bisa betah berlama-lama sebelum melanjutkan perjalanan.

“Keberadaan exit tol di Banjar dipandang sangat penting. Bukan hanya sekadar membuka, tapi dengan adanya akses tersebut bisa meningkatkan geliat perekonomian masyarakat,” ujar Nana di rumah dinasnya Rabu (9/10).

Selain itu, kata dia, banyak potensi lain yang akan dikembangkan bila exit tol di Kota Banjar. Seperti pengembangan potensi wisata alam Pajamben, Situ Mustika, Situ Leutik, Wisata Terapung Sungai Citanduy dan beberapa wisata lainnya.

Hal tersebut merupakan bentuk upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat. “Ya banyaklah yang akan dibangun, kita juga ingin Banjar jadi kota tujuan,” katanya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.