Pemkot Berikan Sertifikat Imunisasi

23
SERTIFIKAT IMUNISASI. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman memberikan sertifikat imunisasi balita pada momen manasik haji di Lapangan Upacara Dadaha, Rabu (3/10) pagi.

TAWANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya akan memberikan sertifikat imunisasi kepada 3.500 balita. Sertifikat ini diberikan sebagai penghargaan kepada orang tua yang telah melaksanakan lima tahap imunisasi anaknya. Seperti bacille calmette-guerin (BCG); difteri, pertusis, dan tetanus (DPT); polio dan campak.

“Ke depannya (sertifikat imunisasi) ini akan diarahkan sebagai salah satu persyaratan masuk ke jenjang pendidikan lanjutan,” ujar Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Didin Fitriyadi usai pembagian sertifikat di acara manasik haji di Lapangan Upacara Dadaha, Rabu (3/10) pagi.

Selain untuk persyaratan di bidang pendidikan, sertifikat imunisasi itu bisa saja sebagai salah satu syarat untuk membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kebijakan ini juga sudah diterapkan di beberapa negara. “Saat ini sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait. Mudah-mudahan ini yang pertama di Jawa Barat,” jelas Didin.

Teknisnya, sertifikat tersebut akan diberikan oleh puskesmas di setiap kecamatan. “Kita hanya melakukan pengadaan sertifikat itu dan yang membagikan puskesmas sendiri,” ungkap Didin.

Sementara, Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menyatakan sertifikat tersebut diberikan guna memberikan motivasi dan tanggung jawab kepada orang tua. “Imunisasi ini sangat diperlukan bagi balita untuk kesehatan masa depannya,” katanya usai menyerahkan sertifikat imunisasi secara simbolis kemarin. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.