Pemkot Diminta Dewan Arahkan CSR untuk Masjid Agung Mangkubumi

27

INDIHIANG – Sejumlah masa dari elemen masyarakat Mangkubumi, mendatangi DPRD Kota Tasikmalaya, Kamis (15/8). Mereka menagih janji para wakil rakyat dapil Mangkubumi-Kawalu, merealisasikan pembangunan Masjid Agung Mangkubumi.

Anggota DPRD Kota Tasikmalaya, H Enjang Bilawini, mengaku bersyukur adanya respon masyarakat yang menggebu, keinginan untuk memiliki masjid di wilayah kecamatan.

“Kita akan bantu dorong supaya di Tahun 2020 bisa dianggarkan,” katanya kepada radartasikmalaya.com.

Enjang menerangkan, selama ini bukan tidak berupaya mengabulkan keinginan masyarakat. Hanya saja, belum ada wadah atau lembaga khusus yang bisa memenuhi persyaratan administratif dalam mengucurkan dana untuk masjid dari APBD.

“Kendala prinsip itu, tak ada wadah khusus. Mereka hanya berbentuk panitia saja, maka kita arahkan supaya bentuk kelembagaan agar mudah mengucurkan bantuan dalam sisi administratif,” terangnya.

Enjang menambahkan, Pemkot pun bisa turut serta mengakomodir keinginan masyarakat. Salah satunya memfokuskan dana-dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di Kota Tasikmalaya, supaya mengalokasikan untuk pendirian masjid.

“Pemkot kami minta turut serta memikirkan, misalnya dana CSR itu bisa dialokasikan ke sana. Kan Pemkot melalui forum CSR ada kewenangan untuk mengarahkan alokasi yang dibutuhkan masyarakat dari dana CSR yang dihimpun,” jelas Politisi PPP itu.

Sementara itu, perwakilan pemuda Kecamatan Mangkubumi, Tatan Surahman mengungkapkan, pihaknya menagih janji, hasil audiensi Maret lalu. Sebab para wakil rakyat menyanggupi untuk memudahkan usulan kaitan pembangunan masjid.

“Kami ingin tahu progressnya sudah sampai mana. Tapi kelihatannya masih berkutat dengan alasan teknis,” tuturnya.

Sedangkan Patih Mangkubumi, Asep Rizal menegaskan, anggota DPRD dari Mangkubumi itu ada 12 orang. Tapi yang hadir menerima keluhan pihaknya saja hanya 4 orang. Padahal audiensi ini gabungan tokoh-tokoh Mangkubumi.

“Ini seolah-olah mereka tutup mata. Masa sudah 5 tahun pengerjaan Masjid Agung Mangkubumi tak bisa dituntaskan mereka,” sindirnya.

(rezza rizaldi / radartasikmalaya.com)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.