Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.2%

2.4%

54.4%

6.9%

0.7%

13%

0%

22.4%

0%
Sebelum Tarif Parkir Naik, Pelayanan Harus Diperbaiki

Pemkot Jangan Mata Duitan

45
0

TAWANG – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tasikmalaya Yoga Ahmad Fauzi menerangkan, rencana kenaikan tarif parkir badan jalan harus dikaji secara matang sebelum diberlakukan. Jangan sampai kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya itu jadi materialistis terhadap masyarakat.

“Parkir itu seolah sudah jadi makanan sehari-hari masyarakat pengguna kendaraan,” tutur dia kepada Radar, Senin (13/8).

Pihaknya memahami kebutuhan pendapatan asli daerah (PAD) untuk pemerintah. Akan tetapi, harus bisa dipilah mana yang layak untuk dinaikkan tarifnya dan mana yang perlu ditekan serendah mungkin. “Kalau seperti retribusi sewa gedung atau reklame enggak terlalu masalah, karena sasarannya lebih kepada pengusaha,” ujarnya.

Untuk parkir, kata Yoga, urusan ini meliputi hampir semua kalangan masyarakat. Tidak sedikit masyarakat kecil yang berpenghasilan pas-pasan yang mengeluarkan biaya parkir tersebut. “Sepeda motor itu sering tidak hanya parkir satu kali saja, tiga kali parkir saja berarti sudah Rp 9 ribu,” ujarnya.

Maka dari itu, menurutnya, untuk tarif parkir tidak perlu dinaikkan khususnya sepeda motor. Karena walaupun tarifnya rendah, dari segi kuantitas sangat banyak. “Kalau mobil mungkin enggak masalah, tapi motor menurut kami jangan naik,” katanya.

Sementara itu, menurut Yoga, pengelolaan parkir badan jalan di Kota Tasikmalaya masih semrawut. “Masih ada saja mobil yang parkir menghalangi jalan seperti di HZ Mustofa, terus keamanan juga apa dijamin,” ujarnya.

Kondisi tersebut, kata dia, menunjukkan, pemerintah kurang serius dalam menata kawasan parkir. Sebelum tarif parkir dinaikkan, lebih elok jika pelayanan ditingkatkan terlebih dahulu. “Ini tiba-tiba tarifnya mau naik, terlalu mata duitan pemerintah ini,” tuturnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.