Pemkot Jangan Telantarkan Anak Yatim

84
0
Loading...

CIHIDEUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya punya tanggung jawab untuk meringankan beban hidup para anak yatim. Maka dari itu, pemerintah tidak boleh mengabaikan keprihatinan hidup mereka.

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Sulalatul Huda Paseh KH Aminduin Bustomi menerangkan, agama dengan tegas menyatakan bahwa anak yatim harus dibantu.

Pemerintah dalam hal ini berkewajiban untuk memberi perhatian penuh. “Agama Islam jelas mengharuskan kita tidak menelantarkan anak yatim,” ujar kepada Radar, Senin (17/6).

Jika sikap pemerintah cenderung mengabaikan dan membiarkan anak yatim yang ada di Kota Tasikmalaya, maka sama halnya dengan menelantarkan mereka. “Celaka kalau sampai kita menelantarkan anak yatim,” ujarnya.

Menurutnya, jika pemerintah bersedia menganggarkan dana yang cukup besar untuk program bantuan anak yatim, maka akan berdampak positif bagi Kota Santri. Tidak akan ada orang yang rugi ketika membantu menyejahterakan anak yatim. “Saya sendiri merasakan, banyak manfaatnya,” katanya.

Ketua DPW FPI Kota Tasikmalaya Ustaz Yanyan Albayani mengatakan, sebagai Kota Santri, tentu nilai-nilai agama harus dijunjung tinggi. Salah satunya tentang kepedulian terhadap anak yatim yang diajarkan dalam Islam.

“Seharusnya semangat pembangunan merujuk kepada nilai agama, termasuk menyantuni anak yatim,” tuturnya.

Loading...

Santunan yang dimaksud bukan sekadar memberi uang begitu saja kepada anak yatim. Akan tetapi, lebih kepada jaminan kelangsungan hidup, pendidikan dan kesehatan mereka. “Pemerintah harus hadir untuk seluruh anak yatim di Kota Tasikmalaya,” katanya.

Terkait dana, menurutnya, pemerintah lebih paham untuk mencari peluang dan pundi-pundi anggaran. Salah satunya dengan memangkas anggaran untuk hal-hal yang tidak darurat.

“Kunjungan keluar yang dianggap tidak efektif bisa dikurangi, sehingga dananya bisa disalurkan untuk anak yatim,” ujarnya.

Jika perlu, pemerintah juga bisa membuat tim khusus untuk membantu anak-anak yatim. “Tim tersebut juga bisa menjadi pemicu warga yang punya rezeki lebih untuk membantu anak yatim,” katanya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.