Pemkot Kurang Peduli Lansia

104
0
Ilustrasi

INDIHIANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya tidak menganggarkan bantuan untuk masyarakat lanjut usia (lansia). Bantuan lansia hanya berasal dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui panti jompo.

“Kalau dari APBD tidak ada, ada juga dari pusat,” ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tasikmalaya H Nana Rosadi.

Nana menyebut, Dinsos memang pernah mengajukan anggaran sebanyak Rp 100 juta untuk program lansia. Namun, usulan tersebut tidak bisa direalisasikan karena pemkot harus melakukan efisiensi.

Nana mengakui lansia yang harus diperhatikan bukan hanya yang berada di panti asuhan. Orang-orang yang sepuh tinggal sendirian di rumahnya juga harus diberi bantuan. Saat ini, banyak lansia yang sudah mendapatkan bantuan pangan non tunai (BPNT). Dengan demikian, untuk urusan makan, pihaknya tidak terlalu khawatir. “Tapi untuk kebutuhan lain, ya kita enggak bisa apa-apa,” ujar dia.

Pada tanggal 9 dan 10 Juli 2019, Dinsos akan mengadakan peringatan Hari Lansia dengan anggaran sebesar Rp 25 juta. Anggaran tersebut hanya untuk peringatan bukan bantuan bagi lansia.

Sementara itu, aktivis muda Kota Tasikmalaya Myftah Farid menilai pemkot kehilangan substansi dalam mengeluarkan kebijakan pro rakyat. Kepedulian terhadap masyarakat cenderung hanya seremoni.

Dia menyesalkan pemkot tidak bantuan untuk masyarakat Lansia. Sementara anggaran untuk memperingati Hari Lansia disediakan. “Jadinya kan mengedepankan seremoni daripada substansi kepedulian terhadap lansia,” tutur dia, Minggu (30/6).

Menurutnya, masyarakat tidak membutuhkan proses seremoni. Di usia yang sudah uzur, mereka lebih membutuhkan uluran tangan para dermawan dan pemerintah. “Seharusnya pemkot itu lebih mengutamakan apa yang menjadi kebutuhan mereka,” tuturnya.

Para lansia memang mendapatkan perhatian dari program pusat seperti program keluarga harapan (PKH), BPNT dan lainnya. Dalam hal ini, pemkot seharusnya bisa memberikan perhatian lebih baik dari pemerintah pusat. “Pusat saja perhatian, daerah seharusnya bisa melakukan hal yang lebih,” katanya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.