Pemkot Nantikan Bus Ngulisik

51
H Aay Zaeni Dahlan

INDIHIANG – Dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan mengirim bus duplikasi dari bus Bandung Tour on Bus (Bandros) ke Kota Tasikmalaya. Bus tersebut rencananya dijadikan bus khusus untuk melayani rute dari Karangresik ke Rest Area Urug.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tasikmalaya H Aay Zaeni Dahlan ATD menjelaskan secara simbolis, bus tersebut sudah dihibahkan kepada Organda Kota Tasikmalaya pada akhir 2018. Hanya saja, sampai saat ini, bus itu masih dirakit. “Dari informasi sih kemarin belum selesai, masih proses pengerjaan. Namun rencananya waktu dekat ini, ditunggu saja,” ujarnya kepada wartawan, Senin (14/1).

Meski kedatangan bus wisata itu belum bisa dipastikan, pihaknya sudah merencanakan rute yang bakal menjadi jalur perjalanan. Rute berawal dari Karang Resik menuju Urug. “Kemungkinan juga melewati objek-objek keramaian di kota, seperti stasiun, taman kota atau lain sebagainya,” tuturnya.

Penamaan bus sendiri, kata dia, Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman belum memutuskan secara pasti. Hanya direncanakan dengan nama Bus Nguriling Kota Tasik (Ngulisik). “Awalnya mau diberi nama Jajaka atau Jalan-Jalan ka Tasik. Tetapi, terakhir Pak Wali usulkan Ngulisik. Nanti sajalah, apa arti sebuah nama yang penting kita siapkan apa yang urgen untuk disiapkan dulu supaya bus bermanfaat untuk masyarakat,” papar Aay.

Berbicara soal tarif, Aay sendiri belum memastikan. Hanya sudah mengestimasi tarif yang dipatok harus di atas angkutan kota dalam upaya menjaga kondusivitas. Rencananya, kata dia, di kisaran Rp10.000 untuk yang menjadi rute tengah yakni masjid agung. “Kapasitas juga tidak besar, kan hanya sekitar 10 seat, 20 orang untuk berdiri kalau tidak salah,” jelasnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.