Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

87.5%

3.4%

0.3%

6.4%

0%

1.1%

0%

Pendataan Pohon di Kota Tasik Perlu Diperbaiki

16
0
Istimewa PENEBANGAN. Tim gabungan menebang pohon di Jalan AH Nasution Kamis (14/11). Penebangan dan pemangkasan pohon kini dilaksanakan tim gabungan BPBD, Dinas Perwaskim, Dinas Perhubungan, TNI dan Polri.

CIPEDES – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya berkomitmen akan melakukan perbaikan dalam menangani pohon di bahu jalan. Rencananya pada 2020, pemerintah akan bekerja sama dengan orang yang ahli.

Hal itu diungkapkan Kadis Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perawaskim) Kota Tasikmalaya Yono S Karso. Pendataan pepohonan itu sebagai evaluasi keterbatasan petugas di lapangan dalam pemeliharaan. “Bukan hanya mendata, tapi sekaligus memeriksa kondisi pohon,” ujar dia kepada Radar, Jumat (15/11).

Dengan begitu, pihaknya bisa lebih mengetahui mana pohon yang berpotensi roboh dan membahayakan warga. Pasalnya, usia dan jenis pohon berpengaruh pada ketahanannya. “Jadi bisa diketahui mana yang harus ditebang atau mana yang harus dipangkas,” katanya.

Untuk realisasinya, dia sudah mengajukan anggaran sebesar Rp 50 juta untuk 2020. Adapun tahun ini pihaknya terkendala anggaran yang terbatas. “Mudah-mudahan terealisasi tahun depan,” ujarnya.

Wawancara terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya H Ucu Anwar mengaku saat ini konsentrasi personelnya terbagi ke beberapa persoalan. Pasalnya meskipun turun hujan, krisis air bersih masih diderita masyarakat. “Kita masih banyak mendapat surat permintaan distribusi air bersih,” tuturnya.

Makanya, kemarin, pihaknya tidak turun tangan dalam pemangkasan atau penebangan pohon. Semua timnya digerakkan untuk melakukan pendistribusian air bersih. “Beberapa kali hujan belum menghidupkan sumber-sumber air, jadi warga masih kesulitan dapat air bersih,” kata dia.

Disinggung soal pendataan pohon yang belum bisa dilakukan dalam waktu dekat, kata Ucu, hal ini mengharuskannya untuk bekerja ekstra. Pihaknya akan melakukan mitigasi bencana termasuk mengantisipasi pohon tumbang. “Karena bencana bisa datang kapan saja, tidak menunggu kita punya anggaran,” kata dia. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.