Pemkot Prioritaskan Penambahan Anggaran

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BANJAR – Seiring dibukanya penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018, anggaran belanja pegawai di setiap daerah bisa bertambah, tidak terkecuali di Kota Banjar. Hal itu yang mulai diantisipasi Pemerintah Kota Banjar.

“Kita prioritaskan penambahan anggaran belanja pegawai ini karena secara otomatis ketika ada penambahan pegawai, kebutuhan belanja untuk gaji para pegawai juga dipastikan bertambah. Contoh saat ini APBD pemerintah Kota Banjar tahun 2018 sebesar Rp 800 miliar. Kemudian akan ada tambahan untuk menggaji pegawai CPNS yang nanti dilantik dan kemudian menempati formasinya masing-masing, taruh lah misal kebutuhannya Rp 5 miliar. Jadi kita antisipasi untuk perencanaan APBD tahun depan dari Rp 800 miliar kita tambah menjadi Rp 805 miliar contohnya,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banjar Agus Nugraha.

Menurutnya, untuk menentukan jumlah besaran belanja pegawai untuk tahun depan masih menunggu jumlah kuota CPNS yang diberikan untuk Kota Banjar. Pihaknya belum bisa memprediksi berapa tambahan yang dibutuhkan.

“Nanti ada hitung-hitungannya. Besaran tambahan biaya pegawai akan disesuaikan dengan jumlah kuota CPNS yang kita dapat. Saat ini saya baru menyampaikan antisipasinya saja belum kepada jumlah besaran nominalnya,” ujarnya.

Sejauh ini, terang dia, perbandingan antara belanja pegawai dan belanja publik di Kota Banjar sebesar 40:60.

Sebanyak 40 untuk belanja pegawai dan sisanya untuk kebutuhan anggaran pembangunan (fisik).

“Kota Banjar ini terbilang sedikit untuk belanja pegawainya. Kebanyakan masih dikucurkan untuk pembangunan kepentingan publik,” jelasnya. (cep)

loading...