Pemkot Tasik Apresiasi Kiprah Lembur Madani

60
0
PENGHARGAAN. Tim pendampingan evaluasi KIE Lembur Madani tanggap darurat Covid-19 Kota Tasikmalaya memberikan penghargaan kepada pemenang Lembur Madani terbaik di Graha Pena Radar Tasikmalaya, Kamis (17/12). foto-foto: Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya
Loading...

CIHIDEUNG – Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informasi dan Lembur Madani bekerja sama dengan Radar Tasikmalaya telah memberikan apresiasi dari hasil evaluasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Lembur Madani tanggap darurat Covid-19 lewat daring, Kamis (17/12).

Program ini berkaitan dengan masyarakat tingkat RT/RW membuat media protokol kesehatan (prokes) untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Sehingga diharapkan bisa disiplin menjaga lingkungan keluarganya dengan membiasakan menerapkan 3M plus yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

General Manager EO Radar Tasikmalaya, Tina Agustina menyampaikan sejak Oktober-Desember 2020 program Lembur Madani ini dijalankan. Berbagai kegiatan sudah dilaksanakan mulai dari sosialisasi untuk pengarahan dan pendampingan keseluruh pelosok masyarakat agar mau tanggap darurat Covid-19.

Selanjutnya dilakukan monitoring dan evaluasi untuk melihat di lapangan bagaimana masyarakat membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam pencegahan Covid-19 di Kota Tasikmalaya.

Loading...

Baca juga : Kapolresta Tasik Pantau Pengamanan di 4 Geraja Ini

“Hasilnya setiap wilayah berbeda-beda. Karena sesuai dengan kebiasaan atau sesuai kearifan lokal dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19,” katanya kepada Radar, Rabu (23/12).

Dari pendampingan yang sudah diberikan pendampingan evaluasi KIE Lembur Madani dari unsur pemerintah, masyarakat, dan media massa ini telah menyampaikan informasi kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Selanjutnya, Lembur Madani tingkat RT/RW harus bisa mengaplikasikan bagaimana cara penyuluhan, media edukasi, gotong royong membantu kesembuhan pasien Covid-19, peta penanganan Covid-19, dan lainnya. Itu sebagai peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Setelah dibina dan evaluasi, kata Tina, sepuluh Lembur Madani ini mempunyai potensi yang berbeda-beda. Agar semangat mereka mendapatkan apresiasi, untuk kategorinya antara lain kategori Lembur Madani tanggap darurat Covid-19 terbaik yakni dari RW 09 Sindangkasih, Tamanjaya, Tamansari.

Kategori Posyandu dan Inovasi Tanggap Darurat Covid-19 dari Lembur Madani RW 11 Sumurgede, Kelurahan Gununggede, Kecamatan Kawalu.

“Kemudian penghargaan kategori Media Komunikasi, Informasi dan Edukasi Penanggulangan Tanggap Darurat Covid-19 didapatkan dari Lembur Madani RW 06 Empangsari, Tawang,” ujarnya.

Sedangkan untuk kategori penyuluh tanggap darurat Covid-19 yaitu mendapatkan juara pertama dari Lembur Madani Sumurgede Kelurahan Gununggede Kecamatan Kawalu, juara kedua Bojong Kaum Kecamatan Cipedes, dan juara ketiga Lembur Madani RW 04 Nagarawangi Kecamatan Cihideung.

“Lalu, untuk yang mendapatkan kategori lingkungan bersih, yaitu Lembur Madani Cieurih RW 07 Kelurahan Kersanegara Kecamatan Cibeureum dan Lembur Madani RW 06 Sukajaya Kecamatan Purbaratu,” katanya.

Untuk kategori keswadayaan Masyarakat terbaik diraih oleh Lembur Madani RW 01 Perumahan Bumi Asri Dirgantara Kelurahan Pakannyasag Kecamatan Indihiang dan Lembur Madani RW 06 Kelurahan Bungursari Kecamatan Bungursari.

“Kemudian kategori partisipasi diraih oleh Lembur Madani RW 06 Sambongpari Kecamatan Mangkubumi,” paparnya.

Sebelumnya, dari tim pendampingan evaluasi KIE Lembur Madani mengumumkan yang mendapatkan penghargaan lewat virtual pada Rabu (16/12), yang dipimpin oleh Kepala Seksi Promosi dan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Cucu Suryani mengatakan apresiasi hasil pelaksanaan Lembur Madani tanggap darurat Covid-19 ini sebagai bentuk penghargaan kepada pengurus dalam memperhatikan derajat kesehatan masyarakat.

Tentunya untuk memberikan pelayanan informasi publik terhadap kesehatan atau pencegahan penyebaran Covid-19 dengan giat mempromosikan protokol kesehatan 3M plus yaitu memakai masker mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan.

“Kegiatan ini, juara bukan tujuan. Tetapi Lembur Madani terus melakukan atau kembali menjadi terdepan pencegahan penyebaran Covid-19,” katanya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.