Pemkot Tasik Makin Mudah Tempatkan ASN Sesuai Kompetensinya

159
0

KOTA TASIK – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya tak akan kesulitan untuk menentukan siapa yang layak untuk mengisi kekosongan jabatan di salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)-nya.

Pasalnya, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tasik kini mempunyai sistem yang memudahkan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) untuk menentukan ASN mana yang layak menduduki kursi kosong tersebut.

Kepala BKPPD Kota Tasik, Gungun Pahlagunara mengatakan, aplikasi ini tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwalkot) Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Manajemen Pengembangan Karir Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Jadi dalam sistem ini bisa menentukan dengan mudah jabatan yang sesuai dengan kompetensinya. Jadi kita buat sistemnya,” ujar Gungun kepada radartasikmalaya.com, Jumat (22/11).

“Dalam sistem ini ada data pribadi pegawai, standar kompetensi jabatan, Analisai Jabatan (Anjab), Analisa Beban Kerja (ABK), hasil uji kompetensi, yang sudah ikut diklat apa saja, e-Kinerja, dan lain sebagainya,” sambungnya.

Terang dia, dengan sistem ini misalnya jika ada kekosongan di kursi Kepala Bidang (Kabid) maka, siapa ASN yang layak menduduki jabatan tersebut dan memenuhi syarat? tinggal memijit sistem tersebut.

“Jadi tinggal pencet saja. Nanti ada dengan lengkap dan jelas nama siapa yang layak sesuai dengan kriteria kompetensi dan data lainnya. Jadi terlihat jelas mengapa nama si ini yang layak. Alasanya jelas kompentensi ada, pernah diklat apa saja dan rekam jejaknya lengkap,” terangnya.

Jelas Gugun, dalam Perwalkot tentang sistem yang sudah disosialisasikan pihaknya sejak Kamis Lalu (21/11) di ruang rapat kantornya tersebut, sistem ini juga disematkan aspek penilaian berdasarkan kompetensi dan kinerja untuk kebutuhan pengembangan karir.

“Jadi ini teknis penilaian, analisis kesenjangan kompetensi, analisis kesenjangan kinerja dan pemetaan PNS kita masukan dengan lengkap dalam sistem ini,” jelasnya.

(rezza rizaldi/ radartasikmalaya.com)

loading...