Rangking 16 Tingkat Nasional

Pemkot Tasik Raih Prestasi Sangat Tinggi Bintang Dua

295

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Malam Apresiasi Peringatan Hari Otonomi Da­erah ke-XXII Ta­hun 2018.

Penghargaan Prestasi Kinerja Status Sangat Tinggi Bintang Dua ini diterima langsung Wali Kota Drs H Budi Budiman, di Hotel Sultan Jakarta Pusat, Rabu (25/4/2018).

Apresiasi tersebut diberikan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2016.

“Alhamdulillah Kota Tasikmalaya meraih prestasi dengan kategori sangat tinggi. Secara nasional itu di urutan ke-16,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tasikmalaya Drs Asep Maman Permana MSi kepada Radar, Kamis (26/4).

Menurutnya, LPPD sendiri merupakan informasi utama untuk Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) yang mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Otomatis menjadi kebanggaan bagi pemkot sebagai penyelenggara pemerintah daerah berhasil menyabet penghargaan itu dalam malam apresiasi yang dihadiri kepala daerah se-Indonesia.

“Kegiatan juga dibuka oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Sumarsono. Tahun ini Peringatan Hari Otonomi Daerah mengambil tema Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis,” jelasnya.

Tema tersebut, kata dia, merupakan penjabaran dari semangat Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Yakni pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

Hari Otonomi Daerah ke-XXII Tahun 2018, menjadi momentum terbaik untuk mengevaluasi perkembangan kinerja pelaksanaan otonomi daerah pada setiap daerah otonom.

Evaluasi dilaksanakan mulai dari pemerintah daerah provinsi maupun pemerintah daerah kabupaten atau kota.

“Semoga ini menjadi motivasi bersama terutama bagi penyelenggara pemerintah daerah supaya lebih baik lagi dalam bekerja melayani masyarakat,” tandasnya. (igi)

loading...