Pemkot Tasik Siapkan Inovasi Smart Kelurahan untuk Permudah Pelayanan

157
0
radartasikmalaya.com
Suasana pelatihan Smart Kelurahan di Kantor Diskominfo Kota Tasik, Kamis (05/11). rezza rizaldi / radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya terus berinovasi dalam mengakselerasi layanan publik. Salah satunya mengimplementasikan Smart Kelurahan di sejumlah titik, dalam mempercepat pelayanan administrasi bagi masyarakat.

Saat ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memberikan bimbingan teknis terhadap sejumlah kelurahan selama 3 hari.

Supaya penggunaan aplikasi Smart Kelurahan bisa berjalan optimal di setiap titik.

“Ini merupakan tindaklanjut dari pelatihan-pelatihan yang kami laksanakan. Dalam satu sesi, 10 operator kelurahan kami berikan pelatihan teknis penggunaan aplikasi Smart Kelurahan,” ujar Kepala Seksi E-Government Diskominfo Kota Tasikmalaya, Asep Budi Nurdiansyah di sela pelatihan, Rabu (5/11).

Template aplikasi tersebut, terang dia, telah disesuaikan formatnya dengan Peraturan Wali Kota Tasikmalaya Nomor 64 Tahun 2014, tentang Penetapan Jenis dan Bentuk Pelayanan Administrasi Kelurahan.

Serta Peraturan Wali Kota Nomo 58 Tahun 2014 tentang Pedoman Naskah di Lingkungan Pemkot.

“Tidak hanya itu, aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan data kependudukan. Sehingga, petugas cukup memilih jenis layanan yang dimohon warga, kemudian menginputkan NIK pemohon. Data pemohon secara otomatis akan terisi pada form layanan yang dipilih,” terangnya.

Ia berharap pembekalan yang diberikan dapat memudahkan para operator dalam memberikan pelayanan administrasi di kelurahan masing-masing.

Sehingga, layanan terhadap masyarakat bisa lebih efektif dan efisien.

“Mudah-mudahan rekan-rekan operator bisa memanfaatkan dengan optimal adanya aplikasi ini. Sehingga, menunjang pelayanan yang dilaksanakan di setiap wilayah lebih cepat,” harapnya.

Salah seorang peserta bimtek, Iwan Ridwan mengaku bersyukur adanya bimbingan teknis smart kelurahan tersebut.

Ia mengaku adanya aplikasi Smart Kelurahan tentu bisa mempercepat pihak kelurahan dalam menangani permohonan layanan masyarakat lebih cepat.

“Alhamdulillah kita diberikan panduan penggunaannya, aplikasi ini terintegritas dan formatnya jelas dan seragam di setiap kelurahan,” tuturnya.

Menurutnya Diskominfo ke depan diharapkan bisa terus berinovasi dalam mengembangkan aplikasi-aplikasi semacam itu.

Sehingga akselerasi pelayanan masyarakat bisa semakin mudah dan cepat.

“Terutama di masa pandemi Covid-19, supaya tidak terjadi antrean atau potensi kerumunan warga apabila pelayanan administrasi yang dibutuhkan bisa dilakukan dengan cepat,” tukasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.