Pemprov Jabar Serahkan Bantuan 1.000 Alat Swab, Masker & Vitamin ke Ponpes Cipasung Tasik

94
0
SIMBOLIS. Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan bantuan alat swab kepada Pimpinan Ponpes Cipasung KH Abun Bunyamin, Rabu (7/10). ISTIMEWA

SINGAPARNA – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jabar memberikan bantuan 1.000 alat swab test, masker dan vitamin kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Cipasung, Rabu (7/10).

Bantuan tersebut bagi penanggulangan kasus Covdi-19 termasuk pelaksanaan uji swab massal di Ponpes Cipasung terhadap santri, keluarga, pengurus serta dewan guru di yayasan tersebut.

Baca juga : Bode Kembali Pimpin Dewan Kesenian Kota Tasik

Uu mengatakan, bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupa alat swab, masker dan vitamin ini menindaklanjuti kasus yang terjadi di Ponpes Cipasung.

“Kami melihat adanya peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya, salah satunya dialami dan terjadi di pondok pesantren Cipasung. Baik menimpa santri, keluarga, pengurus dan dewan gurunya,” ungkap Uu kepada Radar, Rabu (7/10).

Kedatangannya ke Tasik, ujar dia, selain ditugaskan oleh Gubernur Ridwan Kamil, juga melihat peningkatan kasus Covid-19 ini di Kota Santri. Maka dari itu harus cepat ditanggulangi sebelum penyebarannya meluas dan menjadi klaster-klaster lainnya.

Dia menambahkan kedatangannya bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jabar, selain menyerahkan bantuan juga memeriksa dan memastikan pelaksanaan swab massal yang dilaksanakan di Ponpes Cipasung.

“Kehadiran kami adalah untuk mengambil sebuah solusi atau mengantisipasi, karena yang kami terima dari pemerintah daerah ada hal-hal yang perlu diantisipasi dan ditindaklanjuti,” kata Uu.

Oleh karena itu, Uu berharap kepada pimpinan pondok pesantren di manapun di Jawa Barat jika ada gejala atau kasus Covid-19 dan lainnya di pondok pesantren tersebut, jangan sungkan untuk berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pimpinan daerah, jangan sampai ditutupi seolah tidak ada.

“Karena kalau memang seperti ini khawatir akan bertambah. Harapan kepada seluruh pondok pesantren memperketat protokol kesehatan baik oleh para santri dan ajengan di kompleks pesantren dan melakukan pola hidup bersih dan sehat,” ajak dia.

Ketua Relawan Covid-19 Ponpes Cipasung Hariyadi Ahmad Satari menambahkan, secara simbolis Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan bantuan peralatan uji swab, masker serta vitamin untuk penanganan Covid-19 di Ponpes Cipasung.

“Wagub Jabar memberikan alat swab test 1.000 buah, ribuan masker dan vitamin. Dalam rangka menanggulangi penanganan Covid-19 di Cipasung. Jika masih kekurangan, kata Wagub, pihak pesantren bisa kembali mengusulkan,” ungkap dia.

“Kebetulan kita laksanakan kembali swab massal tahap keempat terhadap 226 santri, Rabu (7/10). Kita lakukan swab terus untuk memastikan semuanya baik santri, keluarga, pengurus dan dewan guru clear beres terbebas dari Covid-19. Mudah-mudahan semuanya bisa di-swab,” tambah dia.

Baca juga : Satgas Covid-19 Singaparna Tasik Sosialisasi Prokes di Pasar & Terminal

Haryadi berharap kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 baik kabupaten atau provinsi, agar masyarakat di sekitar kompleks Ponpes Cipasung juga bisa di swab.

“Karena mereka juga sering berinteraksi dengan santri. Banyak masyarakat di sekitar pesantren mengandalkan hidup dan jasa seperti laundry, kuliner dan pulsa termasuk makanan lainnya,” ungkap dia. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.