Pemprov Jabar Terapkan Smart Green House di Garut

98
0
istimewa RESMIKAN. Gubernur Jawa Barat H Ridwan Kamil meresmikan smart green house kemarin.
Loading...

WANARAJA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengembangkan smart green house atau sistem pertanian infus di Kabupaten Garut. Penerapan teknologi pertanian itu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Garut.

“Garut ini menjadi percontohan, nanti kita sebarkan di seluruh Jawa Barat dan juga Indonesia,” ujar Gubernur Jawa Barat H Ridwan Kamil saat peresmian smart green house di Kebun Wanaraja tepatnya Jalan Cikole Desa Wanasari Kecamatan Wanaraja, Rabu (27/1).

Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil- mengatakan penggunaan teknologi pertanian perlu dilakukan, karena teknologi ini bisa menghemat air, mengatur air dan juga petani bisa menumbuhkan produknya sampai dua belas bulan.

Baca juga : 81 Nakes di Garut Terlatih Vaksinasi Covid-19

“Ke depan petani tidak lagi konvensional, tetapi akan menggunakan teknologi dalam mengelola lahan pertaniannya,” ujarnya.

loading...

Selain mengenalkan teknologi pertanian, Pemprov Jabar juga menyiapkan lahan pertanian untuk dikelola 5.000 petani milenial yang telah diseleksi dan memiliki semangat untuk mengembangkan produk pertanian, sehingga tidak lagi mencari pekerjaan di kota.

“Lima ribu warga Jabar muda jadi petani, tanahnya dari provinsi sudah disiapkan hampir seribuan hektare,” katanya.

Ia menuturkan Indonesia, khususnya di Jabar membutuhkan petani muda agar sektor pertanian terus tumbuh. Pemerintah Provinsi Jabar menyediakan lahan yang diperbolehkan petani milenial untuk menggarapnya. “Syaratnya mau berkeringat dan syarat wajib tinggal di desa, jangan ingin programnya tapi tinggal di kota,” terangnya.

Emil menyampaikan petani milenial hanya cukup bekerja menanam dan merawat tanamannya agar tumbuh baik, kemudian diberi pinjaman modal, lalu hasil pertaniannya akan dibeli oleh PT Agro Jabar. “Tanah dikasih, modal dikasih, hasil dibeli, sudah seenak-enaknya hidup, tinggal hidup mau kerja saja,” terangnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.