Pemprov Jawa Barat Beri Hadiah Rp 80 Miliar Untuk Penataan Pantai Pangandaran

116
0
KREATIF. Layang-LayangRahwana terbang di atas lapangan Katapang Doyong Pantai Timur Pangandaran kemarin (14/7). Deni Nurdiansah/Radar Tasikmalaya
Loading...

PANGANDARAN – Pangandaran International Kite Festival (PIKF) 2019 sukses menyedot wisatawan datang ke Pantai Pangandaran. Tercatat dalam dua hari pelaksanaan festival layang-layang, sebanyak 50 ribu wisatawan datang ke kota berjuluk Primadona Semenanjung Jawa Barat itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Undang Sohbarudin mengatakan kunjungan wisataawan ke festival layang-layang tahun ini mencapai 50 ribu orang.

”Antusiasme cukup luar biasa dan yang menyaksikan bukan hanya wiasatawan lokal saja, banyak warga asing yang juga ikut menonton,” ucap dia kepada Radar, Minggu (14/7).

Untuk itu, ke depan festival layang-layang akan lebih kreatif dan inovatif dari segi kemasan. ”Kalau Banyuwangi punya ikon festival fashion dan lain-lain, maka festival layangan harus menjadi ikon Pangandaran,” jelasnya.

Dia mengaku cukup senang ketika melihat banyak sekali maysarakat yang memposting kegiatan di festival layang-layang.

”Itu jadi motivasi bagi kita, agar festival ini semakin baik dan masyarakatpun ikut senang,” ungkapnya.

Undang menambahkan rangkaian acara PIKF menarik banyak wisatawan seperti ronggeng, konser musik dan lain-lain. ”Untuk ronggeng pengunjungnya cukup banyak,” jelasnya.

Loading...

Festival yang dibuka langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan H Uu Ruzhanul Ulum mendapat apresiasi dari orang nomor satu di Jawa Barat tersebut.

”Negara Asia dan Eropa juga turun hadir, tentu ini akan meningkatkan citra positif bagi Pangandaran sebagai destinasi wisata,” tutur Emil sapaan Ridwan Kamil.

Secara lahir batin, Pemprov Jawa Barat siap menggelontorkan Rp 80 Miliar untuk penataan Pantai Timur dan Pantai Barat Pangandaran. ”Tahun ini sudah disiapkan dan akan segera dilelang, termasuk Kawasan Ekonomi Eksklusif (KEK),” jelasnya.

Selain itu, penambahan Runway Bandara Nusaawiru juga akan dilakukan, termasuk kerjasama pengelolaan dengan pihak ketiga. ”Sehingga nantinya bisa tercapai target 5 juta kunjungan wisata,” ucapnya mengakhiri. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.