Pemuda Babakan Fauzan Kota Tasik, Mulai Angkut Sampah Hinga Les Bahasa & Matematika Gratis Bagi Anak-Anak

925
1
radartasikmalaya.com
Para pemuda Kampung Babakan Fauzan Tuguraja Kota Tasik rutin mengangkut sampah rumah tangga, Rabu (23/09) sore. istimewa for radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Kepedulian terhadap kebersihan lingkungan yang dilakukan para pemuda Kota Tasikmalaya ini patut diacungi jempol.

Pemuda di Rukun Warga (RW) 03 Babakan Fauzan yang tergabung ke dalam Rempug Pamuda Babakan Fauzan Keurahan Tuguraja, Kecamatan Cihideung ini selalu semangat mengangkut sampah rumah tangga.

Seperti yang dilakukan Rabu (23/09) pagi, proses pengakutan itu dilaksanakan para pemuda. Mereka melakukan pengangkutan itu dalam seminggu dua kali, yakni hari Rabu dan Sabtu.

Pembina Rempug Pemuda Babakan Faujan, Miftah Farid mengatakan, kegiatan para pemuda ini terhadap sampah berjalan sejak tahun 2013 lalu.

“Saat ini pemuda kami tergerak akan kepedulian terhadap lingkungan itu. Awalnya karena banyak sampah di lingkungannya,” katanya kepada wartawan, Rabu (23/09) sore.

Terang dia, para pemuda yang masih usia SMP ini melakukan pengakutan sampah di tiga RT yakni RT 01, 02, dan 07 Kelurahan Tuguraja.

Loading...

Ide dan gagasan para pemuda ini soal sampah, lahir karena melihat kondisi lingkungan yang memperihatinkan.

“Awalnya kita membersihkan sampah di aliran sungai selanjutnya mengambil sampah-sampah rumah tangga. Itu tanpa ada pungutan biaya,” terangnya.

Tambah dia, kegiatan para pemuda itu adalah salah satu kegiatan yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

Meskipun terkadang ada masyarakat yang memberikan uang dan makanan kepada mereka. Karena aksi para pemuda sangat membantu kebersihan lingkungan.

“Untuk uang pemberian masyarakat itu dikumpulkan untuk kegiatan sosial para pemuda, termasuk modal untuk mendirikan sebuah tempat les Matematika dan Bahasa Inggris gratis bagi anak-anak,” tambahnya.

Jelas dia, kegiatan positif yang sebenarnya ini harusnya mendapat respon dari pemerintah.

Apalagi saat ini pemerintah Kota Tasik terus gencar meningkatkan pelayanan dasar pengangkutan sampah.

“Apalagi target 100 persen pengakutan sampah itu di tahun 2025 nanti, karena capaian itu bisa tercapai diawali dari kepedulian masyarakat,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.