Pemuda Diajak Tanam Kopi

123
0
SIAP TANAM. Irad (60), petani asal Kampung Cigalontang menunjukkan bibit kopi yang siap tanam, Minggu (3/3).RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

CIGALONTANG – Petani di Kecamatan Cigalontang terus menanamkan budaya tanam kopi kepada para pemuda. Itu dilakukan untuk mengembangkan kopi khas Cigalontang.

“Kami terus merintis budaya tanam kopi Cigalontang untuk semakin berkembang. Bahkan, kita juga sudah menyiapkan bibit-bibit kopi terbaik untuk ditanam di pegunungan,” ujar Irad (60), petani kopi asal Kampung Cigalontang saat ditemui Radar di rumahnya, Minggu (3/3).

Kata dia, untuk penanaman kopi saat ini akan melibatkan generasi milenial. Sehingga, para pemuda bisa mencintai dan melihat potensi perkebunan kopi sebagai sumber penghasilan. “Para petani mengharapkan tanaman kopi di Cigalontang bisa berkembang dan menjadi budaya,” paparnya.

Lanjut dia, generasi milenial yang diajak dalam penanaman kopi ini, diberikan pengetahuan dari awal. Sehingga, mereka benar-benar memahami tata cara menanam, merawat hingga panen dan mengolahnya. “Dengan demikian, mereka bisa mandiri dalam mengolah sumber alam yang berpotensi mendapatkan penghasilan,” paparnya.

Lanjut dia, diharapkan generasi milenial yang terjun menjadi petani kopi, bisa menciptakan inovasi. Dengan demikian, kopi bisa menjadi brand image Cigalontang dan Kabupaten Tasikmalaya. “Kalau sudah seperti itu, perekonomian petani dan masyarakat sekitar pun akan terangkat. Terpenting, pengangguran berkurang,” paparnya.

Tambah dia, penyuka kopi saat ini sudah merata. Mulai dari kaula muda, dewasa, orang tua hingga wanita pun menyukainya. Melihat potensi ini, para petani milenial harus menjadikan motivasi untuk menghasilkan produk kopi terbaik.

Aday (35), petani lainnya berharap generasi muda ini bisa menjadi agen perubahan di Cigalontang, terutama dalam perkebunan kopi. “Jadi, generasi muda ini tidak perlu ke kota. Karena, potensi untuk mendapatkan penghasilan di daerah pun sudah jelas, tinggal bagaimana mengolahnya,” bebernya.

Kata dia, Cigalontang merupakan daerah yang subur untuk bercocok tanam. Termasuk menanam kopi, tinggal bagaimana keuletan dalam mengelolanya. “Kalau tekun, saya yakin daerah ini bisa maju dan perekonomian warganya meningkat,” pungkasnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.