Pemudik dari Zona Merah yang Masuk Kota Tasik Membludak, Ini Datanya..

9908
1

KOTA TASIK – Pemudik dari zona merah yang masuk Kota Tasik membludak. Sepekan usai diberlakukan pembatasan orang masuk, sejak Selasa (31/03) lalu, jumlah orang masuk kota sekaligus jadi orang dalam Pemantauan (ODP), naik hingga 100 persen.

Saat hari pertama diberlakukan pembatasan orang masuk terdata di Diskominfo Kota Tasik jumlah ODP ada 321 orang dengan rincian masih dalam pemantauan 203 orang dan selesai pemantauan 118 orang.

Kini, seminggu sudah kebijakan antisipasi itu diberlakukan, jumlah ODP mencapai 786 orang.

Dengan rincian 588 orang masih dalam pemantauan, dan 198 orang selesai pemantauan.

Meningkatnya jumlah ODP ini disebabkan tingginya para pemudik atau pendatang yang berasal dari zona merah kembali ke Kota Tasikmalaya.

Para pemudik ini terjaring Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang tersebar di 8 posko perbatasan.

“Pendatang itu berasal dari zona merah, maka kita kategorikan masuk Orang dalam Pemantauan (ODP). Dan kewajiban jika sudah ODP ini nanti akan mendapatkan pemantauan dan perhatian pelayanan kesehatan dari puskesmas terdekat,” ujar Wali Kota Tasik, Budi Budiman kepada radartasikmalya.com, Senin (6/04) siang.

Terang Budi, Selain dari pos perbatasan, pihaknya pun telah meminta data pemudik atau pendatang ini dari tiap kelurahan terutama yang berasal dari zona merah terawasi juga.

Sebab, rekapitulasi data ini sifatnya sangat penting untuk pemetaan masyarakat pendatang dalam memutus mata rantai sebaran corona.

“Selain dari pos jaga, kita juga minta seluruh kelurahan untuk mendata pemudik terutama yang datang dari beberapa kawasan zona merah. Bayangkan, satu kelurahan saja saya dapat informasi ada 78 orang yang terdata,” terangnya.

Data para pemudik itu nantinya akan terus diinformasikan dan dipantau oleh tim penanganan corona.

Nantinya pemudik dari zona merah akan diperiksa dan bisa pulang kalau telah dinyatakan sehat oleh petugas Puskesmas.

“Data ODP pemudik dari zona merah akan diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari. Kalau sudah dinyatakan sehat oleh Puskesmas, nanti baru bisa berbaur normal kembali di lingkungan tempat tinggalnya,” pungkasnya.

Hingga Senin Siang, data Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 15 orang dengan rincian 2 orang masih dalam pengawasan, 12 selesai pengawasan, dan 1 meninggal dunia.

Sedangkan warga yang positif corona sebanyak 7 orang. Dengan rincian 3 orang positif setelah terkonfirmasi laboratorium, 4 orang diketahui positif dari Rapid Diagnostic Test (RDT).

Dari 7 warga yang positif corona itu 5 orang masih kategori pengawasan, 1 orang sembuh (observasi) dan 1 orang meninggal dunia.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. Sebaiknya orang yang keluar rumah tidak memakai masker di beritahu agar menggunakan masker, terutama kalau ke masjid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.