Penandatanganan Proyek Akan Terbuka

33
0
ATURAN. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Garut H Uu Saepudin diwawancara wartawan kemarin.

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan memberlakukan aturan bagi penyedia jasa atau pihak ketiga. Setiap penandatanganan proyek pembangunan dilakukan secara terbuka dan transparan di hadapan Bupati Garut H Rudy Gunawan.

“Ini aturan baru yang digagas pak bupati. Tahun ini dilaksanakan,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Garut Uu Saepudin kepada wartawan Rabu (3/7).

Uu mengatakan aturan tersebut untuk memperbaiki kinerja pemenang proyek. Sebab, selama lima tahun ke belakang, bupati menilai banyak pengerjaan pembangunan tidak berjalan baik atau sangat buruk.

“Jadi sekarang semua pemenang proyek harus menandatangani kontrak pembangunan di hadapan bupati. Ini sebagai pengawasan juga kepada pemborong,” terangnya.

Aturan baru diberlakukan dengan harapan para penyedia jasa memiliki tanggung jawab yang lebih tinggi terhadap pekerjaannya. Dengan demikian, proyek pembangunan dapat dikerjakan tepat waktu dengan hasil yang berkualitas. “Aturan baru ini sudah diberlakukan seminggu yang lalu dan akan berlaku seterusnya,” terangnya.

Uu menerangkan penandatangan kontrak pekerjaan dilakukan di hadapan bupati karena bupati ingin menyaksikan langsung penandatanganan proyek tersebut. “Jadi nanti bupati juga tahu mana perusahaan yang baik maupun yang buruk,” katanya.

Selain menendatangi kontrak di hadapan bupati, dalam aturan baru itu pengusaha setelah me­nandatangani MoU harus langsung melaksanakan pe­ngerjaannya. Jika satu pekan setelah pe­nan­datanganan proyek penyedia jasa belum juga memulai pengerjaan, maka kontrak akan langsung diputus dan penyedia jasa kena penalti. “Jadi pemenang proyek harus sungguh-sungguh melaksanakan pekerjaannya, kalau tidak mau di-blacklist,” katanya.

Sementara itu, kata Uu, pada tahun anggaran 2019 terdapat 106 proyek di Dinas PUPR dengan nilai Rp 185 miliar. Proyek yang sudah ditenderkan sebanyak 41 proyek. Sedang dalam proses tender 16 proyek dan akan ditenderkan sebanyak 49 proyek lagi. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.