Penanganan Sampah Bukan untuk Adipura

20
0
UJI COBA. Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya mencoba motor beroda tiga untuk armada pengangkut sampah Jumat (27/12). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Pemerintah Ciamis mendatangkan 14 armada sampah dan enam kontainer. Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya menyerahkan armada sampah itu kepada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PRKPLH) Kabupaten Ciamis Jumat (27/12) di halaman Pendopo.

Bupati berharap angkutan sam­pah tersebut digunakan untuk mewujud­kan Kabupaten Ciamis bersih dan Ciamis sehat. Dia mengimbau penangan­an sampah di Ciamis tidak terkait peni­laian Adipura. “Kami mau dapat Adi­pura atau tidak, itu tidak masalah. Penanganan sampah ini bukan untuk mencari gelar, karena kebersihan adalah kebutuhan. Kami ingin serius menangani sampah di Kabupaten Ciamis, “ ujarnya. Sampai saat ini, Kabupaten Ciamis telah mendapatkan delapan Piala Adipura.

Bupati mengimbau bantuan armada sampah itu membuat petugas kebersihan jalan semakin rajin melaksanakan tugasnya. Dia berpesan para petugas pembersih sampah meniatkan pekerjaannya sebagai ibadah.

“Para aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Ciamis juga diharapkan menjadi pelopor di bidang kebersihan dan menularkannya kepada masyarakat. Makanya ini satu bentuk keseriusan pemerintah dalam penanganan sampah,” imbaunya.

Penanganan sampah perlu dilakukan sejak dini. Jangan sampai sampah tidak tertangani sejak saat ini. Maka, efeknya, 5 sampai 10 tahun ke depan, sampah akan menumpuk di Ciamis seperti yang terjadi di kota-kota besar. “Tentunya akan sulit menanganinya,” ujar orang nomor satu di Pemkab Ciamis ini.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PRKPLH) Kabupaten Ciamis Erwan Darmawan mengaku sangat terbantu dengan bantuan armada sampah. Apalagi saat ini sampah di Ciamis per harinya mencapai 120 ton.

“Maka armada baru sekarang sebagian akan didorong ke bank sampah yang ada di Kabupaten Ciamis, sebagian digunakan bagi pelayanan mobile dan di UPTD,” jelasnya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.