Warga di Desa Mekarwangi Tak Menerima Bantuan Bulan Januari

Pencairan BPNT Sering Ngaret

187
0
BANTUAN. Lia (kiri) dan Tati (40) penerima BPNT asal Desa Mekarwangi, mengeluhkan sering mengaretnya pencairan saldo, Kamis (7/3).RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

CISAYONG – Penerima manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Mekarwangi, Cisayong, mengeluhkan mengaretnya pencairan dana tersebut. Bahkan, pada Januari, sebanyak 180 keluarga penerima manfaat tidak mendapatkannya.

Warga Kampung Langkob RT/RW 02/10 Desa Mekarwangi, Tati Hartati (40) mengatakan, dirinya kecewa dengan tidak pastinya waktu pencairan BPNT. “Saya sering mengecek ke e-waroeng yang sudah ditunjuk, tapi sering kosong saldonya. Padahal, di daerah lain sudah banyak yang cair. Kita jadi bingung, harus kapan untuk mengeceknya, karena tidak pasti,” ungkapnya kepada Radar, di rumahnya, Kamis (7/3).

Bahkan, lanjut Tati, bantuan untuk Januari tidak cair sama sekali. Padahal, para penerima terus mengecek saldo sampai akhir bulan. Namun, saldo yang akan dibelikan beras dan telur ini tak kunjung datang. “Kalau untuk yang Desember, pencairannya lancar. Tapi, Januari tidak ada dan Februari pun ngaret lagi,” keluhnya.

Tati dan 179 penerima lainnya semakin kecewa, setelah melihat saldo Februari tidak ada penambahan. Padahal, dia mendengar informasi bahwa saldo Januari yang tidak cair, akan disatukan ke Februari.

Tati meminta pihak terkait bisa mencairkan bantuan yang Januari. Karena, ini merupakan hak para penerima. “Ya kami ingin seperti penerima di daerah lain. Mereka tetap bisa mencairkan saldo pada Januari lalu, sementara kami tidak bisa,” ungkapnya.

Lia (45), penerima lainnya menambahkan, dirinya baru mencairkan saldo BPNT untuk Februari pada 6 Maret lalu. Itu pun ada informasi bahwa saldo sudah bisa dicairkan. “Alhamdulillah kalau yang bulan ini bisa dicairkan walau pun ngaret. Saya kemarin tukarkan dengan beras delapan kilogram dan 10 butir telur,” terangnya.

Dia masih mengharapkan saldo Januari bisa dicairkan. Memang, bantuannya tidak banyak. Tapi, bagi keluarga kurang mampu sangat berarti sekali.

Terpisah, Direktur BUMDes Mekarwangi Noneng Sudiartini mengatakan, banyak warga yang menanyakan kapan pencairan saldo BPNT Januari. Karena, hampir semua penerima di sini belum menerimanya. “Saya berkoordinasi dengan pendamping program BPNT di Kecamatan Cisayong. Namun, mereka menjawab tidak tahu. Karena, itu merupakan program dari pemerintah pusat,” ungkapnya.

Terang dia, pencairan untuk Februari pun waktunya tidak serentak. Sebanyak 90 penerima bisa mencairkan saldo awal Februari. Sedangkan sisanya menerima akhir Februari dan awal Maret. “Ini ada yang aneh, karena tidak serentak. Kami mengharapkan ada perbaikan sistem pencairan,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi Kepala Bidang Fakir Miskin dan Data, Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya, Wawan Setiawan terkait keterlambatan pencairan BPNT, melalui sambungan teleponnya belum memberikan jawaban. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.