Pencak Silat Diupayakan Masuk Olimpiade

465
0

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi terus berupaya agar cabang olahraga (cabor) pencak silat bisa dipertandingkan di level olimpiade.

Menteri kelahiran Madura Jawa Timur 8 Juli 1973 itu mengaku, pihaknya dalam hal ini pemerintah terus mengupayakan agar cabor asli milik Tanah Air itu dipertandingkan di kejuaraan paling bergengsi di dunia tersebut.

Ia juga mengaku, pihaknya terus mendukung dan men-support bersama Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) khususnya para ketua Perguruan Pencak Silat, atlet dan seluruh stakeholder melalui sosial medianya guna mempromosikan pencak silat menuju olimpiade.

“Kejuaraan ini bukan hanya semata-mata untuk pertandingan melainkan menggabungkan semangat dan niat yang sama bahwa pencak silat tidak hanya harus besar di Indonesia dan Asia tetapi harus besar di dunia yang akan terus dipelajari oleh seluruh masyarakat dunia,” ungkap Imam.

“Oleh sebab itu, saya meminta untuk memanfaatkan sosial media dengan sebaik mungkin untuk menyebarluaskan sistem yang ada di pencak silat menuju cabang olahraga yang dapat dipertandingkan di olimpiade,” sambungnya.

Imam mengaku akan memaksimalkan seluruh program dan kegiatan Kemenpora baik kepemudaan dan keolahragaan tahun 2019-2020 khususnya kegiatan luar negeri untuk membawa misi pencak silat menuju olimpiade.

Ia mengaku sudah melakukan pendekatan kepada beberapa sponsor untuk melancarkan niatnya membawa pencak silat menuju olimpiade.

“Saya juga mengajak para sponsor, BUMN, dunia usaha karena pencak silat telah menjadi misi Indonesia menuju dunia jangan biarkan pemerintah melangkah dan berjuang sendiri bantulah kami jadikan pencak silat industri baru,” tukas Imam.

Langkah Imam Nahrawi untuk membawa pencak silat menuju olimpiade sudah dilakukan sejak lama. Sebelumnya, ia juga datang ke Belanda menghadiri pertemuan Federasi Pencak Silat Dunia di Den Haag pada Oktober 2018, dengan agenda mendorong agar pencak silat bisa dipertandingkan di level olimpiade. (gi/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.