Pendaftar Membludak, Berlakukan Nomor Antrean

54
0
USAI WAWANCARA. Kepala Cabang Dinas (KCD) wilayah XII Tasikmalaya Drs H Diding Gustardi MMPd usai diwawancara di ruangannya Selasa (18/6). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 SMA/SMK Kota Tasikmalaya sudah dibuka sejak Senin-Sabtu (17-22/6). Pendaftar di beberapa sekolah yang dianggap favorit membludak, seperti SMAN 1 dan SMAN 2.

Kepala Cabang Dinas (KCD) wilayah XII Tasikmalaya Drs H Diding Gustardi MMPd menyatakan, pihaknya mengupayakan ketertiban dan kelancaran PPDB 2019 dengan menyiapkan nomor antrean, ruang tunggu dan adanya humas atau pengelola informasi pelayanan. Selain itu terpasang pengumuman jadwal pendaftaran PPDB dari pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

“Terjadi antrean panjang pada hari pertama pendaftaran PPDB di beberapa sekolah dianggap favorit,” kata dia.

Saat kunjungan hari pertama PPDB, kata ia, terdapat antrean penuh namun setelah diadakan pembatasan nomor antrean berjalan sesuai dengan rencana. “Pada hari pertama, SMAN 1 menerima 110 pendaftar,” katanya.

Ia mengimbau calon peserta didik dan orang tua agar tidak tergesa-gesa saat melakukan pendaftaran. Karena, kecepatan mendaftar bukan tolok ukur diterimanya siswa dalam proses seleksi, melainkan dengan sistem zonasi.

Ia menambahkan kuota PPDB di tiap sekolah sudah ditetapkan 12 rombongan belajar. Itu, sesuai dengan ruang kelas baru (RKB). “Kalau kuota di sekolah pilihannya sudah terpenuhi, nanti dilimpahkan ke pilihan kedua dan ketiga. Pengumumannya nanti 29 Juni,” terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Budiaman Sanusi mengatakan, ia berharap PPDB tingkat SMA sederajat ini bisa berjalan dan tertib. Setelah PPDB SMA digelar, akan dilanjutkan dengan PPDB SMP pada 1 hingga 6 Juli 2019. Seperti tahun sebelumnya, PPDB Online 2019 menggunakan sistem zonasi.

Lanjutnya, untuk cara pendaftaran berbeda SMP dengan SMA. Bagi calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur zonasi bisa melakukan dengan pendaftaran secara online, tidak perlu ke sekolah. Sedangkan jalur prestasi dan perpindahan orang tua datang langsung ke sekolah. “Prinsip pendaftar itu terdekat dan tercepat. Kita sudah menyiapkan sistemnya, orang tua dan calon peserta didik mendaftar secara online,” pungkasnya. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.