Pendaftaran Santri Baru di Ponpes Idrisiyyah Tasikmalaya Bisa Online

299
0
PENDAFTARAN SANTRI BARU. Ponpes Idrisiyyah saat membuka pendaftaran untuk santri dan santriwati baru. ISTIMEWA
Loading...

Pondok Pesantren Idrisiyyah sudah membuka pendaftaran untuk 400 lebih santri baru. Pendaftaran gelombang pertama dibuka sejak awal November ini.

“Gelombang pertama ini dibuka pada November 2020 sampai Januari 2021 ini sedangkan untuk registrasi pada Februari. Sampai saat ini 80 calon santri yang sudah mendaftar,” ujar Kepala Divisi Pendidikan Menengah Ponpes Idrisiyyah Ustaz Fahruroji SPdI Selasa (24/11).

Pendaftaran untuk gelombang pertama ini, kata Ustaz Fahruroji, khusus 100 pendaftar pertama akan mendapatkan potongan biaya pendidikan. Itu berlaku bagi pendaftar jalur prestasi dan jalur umum, termasuk lanjutan dari pendidikan dasar Idrisiyyah.

“Karena pada gelombang pertama ini dibuka tidak hanya jalur prestasi juga dibuka untuk umum. Untuk potongan biaya pendidikan sendiri Rp 600 ribu hingga Rp 1,7 juta syarat dan ketentuan berlaku,” kata Ustaz Fahruroji.

Adapun pendaftaran untuk gelombang kedua akan dibuka pada Maret-Juni 2021. Registrasi dilaksanakan pada Juni.

Loading...

“Pendaftaran menggunakan online dengan mencantumkan berbagai persyaratan yang ditentukan. Total penerimaan tahun ini hanya 400 santri baru yakni 200 untuk putra dan 200 untuk putri,” kata Ustaz Fahruroji.

Bagi orang tua dan santri tidak usah khawatir tidak diterima masuk menjadi santri Pondok Pesantren Idrisiyyah. Pasalnya untuk masuk hanya ada placement test. Artinya santri yang diterima itu memiliki kesungguhan untuk menuntut ilmu di Ponpes Idrisiyyah.

“Jadi hanya tesnya hanya penempatan dengan begitu siap yang lebih cepat mendaftarkan yang potensi untuk diterima menjadi santri,” kata Ustaz Fahruroji menjelaskan.

Pondok Pesantren Idrisiyyah, kata Ustaz Fahruroji tidak memilih mana santri yang pintar dan mana yang biasa saja. Karena setiap orang punya hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan dan pondok pesantren punya kewajiban memberikan fasilitas pendidikan kepada setiap orang yang memiliki keinginan dan kesungguhan.

“Bukan itu yang menjadi pertimbangan kita, tetapi siapa yang menjadi kesungguhan mondok di pesantren dan orang tua mendukung sepenuhnya itu yang kita terima dan kita dahulukan,” kata Ustaz Fahruroji menjabarkan.

Pihak Ponpes Idrisiyyah sangat menghargai pendaftar pertama. Bahkan memberikan pemotongan biaya pendidikan kepada mereka.

“Itu yang menjadi alasan kita,” ujar Fahruroji.

Tes masuk Ponpes Idrisiyyah, kata Ustaz Fahruroji, untuk memberikan pengarahan pengetahuan karena ada anak yang sudah bisa atau belum.

“Tes sendiri untuk mengarahkan anakan dalam keahlian yang dimilikinya. Termasuk dan pemberian kajian-kajian di pondok pesantren nantinya,” kata Ustaz Fahruroji.

Tidak hanya itu, nantinya Pondok Pesantren Idrisiyyah juga menyediakan program beasiswa bagi santri berprestasi dan tidak mampu.

“Itu ada program-programnya. Untuk orang tua yang memang betul-betul tidak mampu ada program bantuan orang tua asuh,” kata Ustaz Fahruroji menjelaskan. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.