Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

0.9%

60%

2.4%

0.2%

4.5%

20.1%

11.7%

0%

0.1%

0%

Pendapatan Retribusi Belum Capai Target

31
0
BELUM MAKSIMAL. Retribusi parkir di Pasar Cikurubuk belum maksimal karena masih memiliki kontrak dengan pihak ketiga. RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

BUNGURSARI – Menjelang penutupan tahun anggaran, pemasukan retribusi parkir badan jalan di Kota Tasikmalaya masih jauh dari target. Belum maksimalnya penarikan retribusi di Pasar Cikurubuk menjadi salah satu kendala.

Tahun ini UPTD Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tasikmalaya ditarget pemasukan retribusi sebesar Rp 2,27 miliar. Adanya penambahan target retribusi itu karena kewenangan penarikan retribusi Pasar Cikurubuk dilimpahkan ke Dishub. “Karena ada penambahan target setelah Pasar Cikurubuk dikelola oleh UPTD,” ujar Kepala UPTD Parkir Hamzah Diningrat saat ditemui Radar, Selasa (17/12).

Sampai pertengahan Desember, capaian target masih jauh dari yang diharapkan. Padahal tahun ini, dua pekan lagi akan berakhir. “Kekurangannya di bawah Rp 300 juta, sekitar Rp 200 jutaan,” tutur dia.

Belum tercapainya target, kata Hamzah, karena beberapa kendala yang dihadapi di lapangan. Hal itu membuat setoran dari para juru parkir belum sesuai dengan apa yang ditargetkan. “Karena pemenuhan target itu bergantung kepada hasil penarikan dari petugas di lapangan,” katanya.

Salah satu persoalannya yakni penarikan retribusi parkir di Pasar Cikurubuk belum maksimal. Saat ini Pasar Cikurubuk masih memiliki kontrak kerja sama dengan pihak ketiga dalam pengelolaan parkir. “Kami sudah menempatkan petugas di situ, hanya saja baru di beberapa titik saja dan belum menyeluruh,” tuturnya.

Selain itu, ada juga kendala-kendala lain di antaranya proyek galian baik untuk drainase, pemasangan kabel dan pipa PDAM. Hal itu secara tidak langsung membuat penarikan retribusi parkir di lapangan berkurang. “Kalau tidak ada yang parkir, otomatis belum tercapai,” katanya.

Terkait masih jauhnya target dari pemerintah kota, Hamzah masih me­ngupayakannya. Namun demikian, dia pun tidak bisa memaksakan jika memang target sebesar Rp 2,27 miliar itu tidak tercapai. “Mudah-mudahan ada peningkatan yang signifikan menjelang tahun baru,” tutur dia. (rga)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.