Apresiasi Konsumen Hotel, Bapenda Berikan Hadiah

Pendapatan Sektor Pajak Masih Minim

KOCOK. Bupati Garut H Rudy Gunawan mengundi pemenang hadiah bagi konsumen hotel dan restoran di halaman kantor Bapenda Garut Kamis (13/9). (Yana Taryana / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAROGONG KIDUL – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Garut mengadakan pengundian hadiah bagi konsumen hotel dan restoran di halaman kantor Bapenda Garut Kamis (13/9).

Hadiah yang diberikan kepada para konsumen dalam pengundian tersebut yakni dua unit sepeda motor, lemari es dan televisi 32 inci.

Kepala Bapenda Garut Usep Basuki Eko mengatakan hadiah tersebut merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Garut terhadap masyarakat yang taat membayar pajak.

“Para konsumen hotel dan restoran ini patut diberi apresiasi karena telah ikut berpartisipasi dalam membangun Garut dengan cara membayar pajak,” terangnya.

Eko menerangkan pemberian hadiah kepada wajib pajak ini merupakan salah satu cara dalam meningkatkan pendapatan dari sektor pajak. Hal itu dilakukan karena pendapatan dari sektor pajak di Kabupaten Garut masih terbilang minim.

“Kami juga meluncurkan program SPTPD (Surat Pemberitahuan Pajak Daerah) online. Ada juga program pembayaran pajak melalui Indomaret. Kedua program ini untuk mempermudah masyarakat bayar pajak,” terangnya.

Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan capaian pendapatan Garut dari sektor pajak masih terbilang rendah dibanding potensi ekonomi yang berkembang saat ini.

Seharusnya, kata dia, pendapatan pajak dari hotel dan restoran ini nilainya paling besar mengingat Garut sudah menjadi salah satu kota destinasi wisata dalam maupun luar negri.

“Minimnya pendapatan pajak dari hotel dan restoran ini karena tingkat kesadaran para pengelola membayar pajak masih rendah,” terangnya.

Rudy mengaku beragam cara telah ditempuh, mulai pemasangan tapping box hingga himbauan kewajiban pajak lainnya. Namun hingga kini upaya itu belum membuahkan hasil.

“Bahkan ada restoran terkenal di Garut pajaknya hanya Rp 6 juta setahun. Kalah sama KFC yang bisa mencapai Rp 1 miliar,” ujarnya.

Menurut dia, peran PAD sangat penting bagi pembangunan di Kabupaten Garut, mulai infrastruktur, kemudian peningkatan kualitas pelayanan publik dan lainnya.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan para pengusaha di Kabupaten Garut untuk taat bayar pajak.

“Kalau ada uang untuk bayar pajak dari konsumen segera serahkan kepada pemerintah,” terangnya. (yna)

loading...