Penderita HIV/Aids di Garut Terus Bertambah

9

GARUT KOTA – Dinas Kesehatan Kabupaten Garut mencatat, jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Garut terus bertambah dan grafiknya juga terus mengalami peningkatan.

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengatakan sejak 2013 sampai tahun 2017, penderita HIV/AIDS mencapai 458 orang. Jumlah tersebut bisa terus bertambah karena belum semua penderita mau memeriksakan diri.

”Tahun ini saja ada 81 orang penderita baru yang terpapar HIV, ” ujarnya kepada wartawan, Minggu (2/12).

Helmi mengaku sangat prihatin dengan kondisi tersebut. Maka dari itu dirinya mengajak semua komponen untuk bersama-sama memerangi penyakit menular ini.

”Kondisi ini jadi peringatan juga bagi semua untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan,” terangnya.

Meningkatnya penderita HIV/AIDS menjadi peringatan bagi semua pihak. Pola pergaulan dan kehidupan yang sehat harus dikedepankan. Terutama bagi generasi milenial.

”Harus waspada penyakit ini. Jangan sampai mencoba narkoba, seks bebas karena itu jadi salah satu penyebabnya,” ucapnya.

Masyarakat juga harus menjauhi cara penularan HIV/AIDS. Bukannya menjauhi penderita yang terpapar HIV Aids. Ke depan semua komponen bisa bekerja sama untuk memerangi penularan HIV Aids.

”Penyakit ini hanya bisa dicegah dari diri sendiri. Harus tahu apa saja penyebabnya dan jauhi cara penularannya,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu anggota komunitas pegiat HIV/AIDS, Bayu mengatakan, peringatan Hari HIV/Aids Sedunia diharap bisa menghilangkan diskriminasi kepada penderita. Selama ini masyarakat sering menilai buruk kepada penderita Aids. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.