Pendeteksi Gempa Segera Dipasang di Garut

27

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten Garut akan menerima bantuan alat pendeteksi dini gempa bumi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Rencananya alat pendeteksi gempa ini akan dipasang di wilayah selatan Garut. Sekarang lahannya masih mencari,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Dadi Djakaria saat dihubungi Rakyat Garut, Minggu (4/11).

Pemasangan alat pendeteksi gempa bumi akan segera dilaksanakan mengingat potensi gempa bumi di Kabupaten Garut masih ada.

“Dengan adanya alat ini untuk meminimalisir dampak akibat gempa,” katanya.

Selain memasang alat pendeteksi gempa, kata dia, Pemkab Garut juga berencana memberikan radio komunikasi kepada setiap kecamatan. Hal itu untuk mempermudah komunikasi jika terjadi bencana.

“Tahun 2019 seluruh kecamatan dapat bantuan ini. Tapi sekarang hanya wilayah selatan saja,” terangnya.

Dadi menerangkan radio komunikasi ini diberikan untuk memantau kondisi di lapangan setiap saat, sehingga ketika ada kejadian bencana komunikasi tidak terputus dengan lokasi tersebut.

“Radio komunikasi itu selalu standby dan terus memantau kondisi di lapangan,” ujarnya.

Menghadapi musim penghujan, Dadi mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk dalam penanganan bencana banjir dan longsor.

“Kami sudah koordinasi dengan berbagai instansi seperti Dinas PUPR Garut, Dinas Bina Marga Jabar untuk menyediakan alat berat di lokasi rawan bencana longsor,” terangnya.

Selain koordinasi, pihaknya juga sebelumnya telah melakukan sosialisasi terkait kesiapsiagaan bencana.

“Sosialisasi sudah dilakukan. Kami juga telah mengirimkan surat kesiapsiagaan kepada para camat, kepala desa dan lurah dalam mengantisipasi bencana musim penghujan ini,” ujarnya.

Dengan persiapan yang matang ini, dirinya berharap tidak ada korban jiwa jika terjadi bencana. “Kalau saya inginkan tidak ada bencana. Jika terjadi jangan ada korban jiwa,” terangnya. (yna)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.