Pendeteksian Pemerintah Nihil

101
0

Ditemukannya, pabrik narkoba jenis PCC yang telah beroperasi cukup lama harus dijadikan evaluasi pemerintah daerah. Karena hal ini diduga akibat pendeteksian dan pengawasan yang nol persen.

Aktivis Islam Tasikmalaya Ustaz Iri mengatakan kurangnya pengawasan pemerintah terhadap ketenagakerjaan mengakibatkan para pelaku bisa dengan santai memproduksi PCC. “Bukan pengawasan yang lemah lagi kalau begini, tapi memang tidak ada pengawasan,” ungkapnya kepada Radar, Kamis (28/11).

Pasalnya, kata Ustaz Iri, ketika pengawasan dilakukan maka pemerintah bisa mendeteksi sejak dini. Padahal di lokasi tersebut sudah diketahui ada pabrik sumpit dan tusuk sate. “Berarti kan selama ini tidak ada pengawasan ke sana,” terangnya.

Kesbang dan Aparat Penegak Hukum (APH) sendiri, sambung dia, yang memiliki fungsi intelijen seharusnya bisa menyerap informasi di lapangan. Terlebih pabrik tersebut berada di pinggir jalan raya. “Yang dideteksi itu bukan hanya tentang politik saja, tapi yang seperti ini (ketenagakerjaan, Red) juga harus,” katanya.

Di samping itu, pemberdayaan RT dan RW sebagai corong pemerintah terlihat tidak berjalan. Menurutnya, pemerintah harus bisa memberikan dorongan dan motivasi guna meningkatkan kepekaan RT dan RW. “RT dan RW perlu didorong supaya bukan hanya sekadar pendataan saja, tapi juga pengawasan,” ujarnya.

Berkaca dari kasus ini, Kepala BNN Kota Tasikmalaya H Tuteng Budiman menilai perlu ada pemeriksaan rutin ke tempat-tempat industri. Pihaknya siap dilibatkan dalam pelaksanaannya. “Karena kalau kami sendiri tidak punya kewenangan untuk memeriksa tempat industri,” terangnya.

Hal ini, kata dia, berkaitan dengan Kota Tasikmalaya yang memiliki cukup banyak perindustrian. Dikhawatirkan, kasus serupa kembali terulang dengan modus sama. “Supaya tidak sampai kecolongan lagi,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Kesbangpol Kota Tasikmalaya Yudi Kustiadi mengatakan pihaknya tidak punya kapasitas dalam pengawasan industri. Adapun berkaitan dengan bahaya narkoba, Kesbangpol hanya melakukan sosialisasi saja. “Kita sebatas melakukan sosialisasi P4GM (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba),” imbuhnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.