Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Pendidikan Antikorupsi Mulai Diterapkan

17
0

TASIK – Satuan pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Tasikmalaya mulai menerapkan pendidikan antikorupsi pada tahun ajaran 2019/2020. Tujuannya membentuk integritas siswa sejak dini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Budiman Sanusi SSos mengatakan penerapan pendidikan antikorupsi pada satuan pendidikan diharapkan bisa membentuk peserta didik yang beriman, jujur, tanggung jawab dan berbudi pekerti luhur.

Melalui pendidikan antrikorupsi ini bisa melahirkan manusia yang berkarakter dan jauh dari perilaku koruptif. “Pentingnya siswa diberi pengetahuan tentang sikap antikorupsi untuk mencegah kerusakan masa depan bangsa,” katanya kepada Radar, Selasa (8/10).

Pendidikan antikorupsi ini diwujudkan dengan mengintegrasikan nilai karakter dalam proses pembelajaran secara tematik. Selain itu, merencanakan pengelolaan kelas dan metode pembelajaran sesuai dengan karakter peserta didik.

“Pendidikan antikorupsi diintegrasikan di semua mata pelajaran. Nantinya, melatih siswa untuk membiasakan pola hidup tertib, mandiri, peduli dan peka terhadap lingkungan sekitarnya dengan mengaplikasikan nilai-nilai kejujuran,” ujarnya.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (PGTK) Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Asep Sudrajat Hardipraja SPd MAk mengatakan, perlu peran strategis dari guru dalam mencegah perilaku korupsi sejak dini. Caranya dengan menyusun materi pendidikan antikorupsi dengan konten yang efektif dan menarik.

“Memfasilitasi siswa untuk mengenali nilai dan perilaku antikorupsi dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu mengingatkan dan memotivasi siswa untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai antikorupsi,” katanya.

Dengan menerapkan pendidikan antikorupsi diharapkan anak memahami arti penting sikap antikorupsi tersebut. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.