Pendidikan Karakter Tingkatkan Kualitas SDM

27
MEMIMPIN. Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto memimpin upacara Hardiknas 2019 di Halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (2/5).

SINGAPARNA – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) harus dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan karakter.

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP mengatakan dalam momen peringatan Hardiknas 2019 ini jangan hanya dijadikan ajang seremonial saja. Tetapi, dijadikan motivasi untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tasikmalaya.

“Sebagaimana kita ketahui, tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hajar Dewantara, tokoh pahlawan nasional sekaligus bapak pendidikan nasional. Mudah-mudahan Allah SWT memberi kedudukan yang mulia kepada beliau dan para pahlawan, khususnya para pejuang pendidikan yang telah mendahului kita,” ungkapnya saat memimpin upacara peringatan Hardiknas di Halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (2/5).

Lanjut dia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dalam pasal 13 menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Adalah hal yang lumrah, dalam kontestasi demokrasi selalu meninggalkan jejak-jejak residual yang bisa menimbulkan keretakan bahkan perpecahan,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut dia, perhatian pemerintah pusat sudah beralih dari fokus pada infrastruktur menjadi pembangunan sumber daya manusia.

“Di sini kekuatan sektor pen­didikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait dengan itulah, tema Har­diknas 2019 adalah menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan,” katanya.

Melalui tema ini, kata dia, mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan.

Dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia maju.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Wardana SIP MSi mengatakan pembangunan SDM menekankan dua penguat, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

“Dalam pendidikan karakter dimaksudkan membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali keterampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan,” katanya.

Lanjut dia, pada momen Hardiknas kali ini, pemerintah daerah harus mengambil peran aktif dalam memanfaatkan dana APBN baik dalam dana alokasi umum (DAU) maupun dana alokasi khusus (DAK) dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan program-program prioritas. “Serta APBD harus menjamin anggaran pendidikan minimal 20 persen,” pungkasnya. (dik)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.