Pendidikan PAUD di Ciamis Sangat Penting

22
0
Loading...

CIAMIS – Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis mengajak masyarakat untuk memasukan anaknya kepada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Karena pendidikan usia dini ini sangat penting dalam membantu kecerdasan anak.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Dr Asep Saepul Rahmat mengatakan, sampai Desember 2020 jumlah ana usia dini atau 5-6 tahun mencapai 36.709 orang. Sedangan anak yang terlayani atau masuk PAUD baru 28.185 orang.

“Jadi masih tersisa yang belum mendaftarkan ke PAUD sebanyak 8.524 orang,” ujarnya kepada Radar usai sosialisasi Penyelenggaraan PAUD Satu Tahun Pra Sekolah, Selasa (2/2).

Baca juga : Bupati & Sekda Ciamis Gagal Divaksin Perdana

Kata Asep, melalui kegiatan ini disampaikan beberapa harapan, di antaranya mendapat data seluruh anak usia 5-6 tahun yang belum terdaftar di satuan PAUD serta dapat memfasilitasi seluruh anak usia 5-6 tahun supaya bisa terlayani pada satuan pendidikan.

loading...

Tempat yang sama, Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya mendukung bahwa anak usia dini harus masuk PAUD untuk mengasah kecerdasan sebelum bersekolah.

“Maksud penyelenggaraan PAUD Satu Tahun Pra Sekolah adalah untuk membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi. Pengembangan potensi tersebut baik psikis atau fisik yang meliputi moral, nilai agama, emosional, bahasa, fisik motorik dan kemandirian,” ujarnya, menjelaskan.

“Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun,” katanya, menambahkan.

Dalam menunjang itu, kata dia, harus dipersiapkan berbagai hal, mulai dari sarana pra sarana dan SDM tenaga pendidiknya.

“Kami telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 48 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Satu Tahun Pra Sekolah Dasar sebagai upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut. Intinya kita juga mengimbau para orang tua agar memasukan anaknya ke PAUD,” katanya. (rls/isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.