Meski Penerima BPNT Naik, Belum Semua Dapat

Penduduk Pangandaran 40 Ribu Keluarga Masih Miskin

35

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PARIGI – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa menyebutkan penerima bantuan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Pangandaran mencapai 33.815 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Untuk penerima bantuan ada peningkatan, dari 29.575 KPM menjadi 33.815 KPM, berarti ada peningkatan sekitar 4000-an,” tutur Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani kepada Radar, Minggu (11/4).

Menurut dia, penerima BPNT tersebut mengacu kepada Basis Data Terpadu (BDT) yang sedang diperbaharui. ”Sebenarnya ini belum tercover semua, karena menurut basis data ada sekitar 40 ribu keluarga miskin di Pangandaran,” jelasnya.

Lanjut dia, KPM yang paling banyak menerima BPNT berada di Kecamatan Langkaplancar, sementara di posisi kedua ada Kecamatan Padaherang. “Langkaplancar sebanyak 6.043 dan di Padaherang sebanyak 5.455 jiwa,” terangnya.

Menurut dia, dengan digelontorkanya BPNT saat ini, total sudah ada 70 persen warga miskin yang menerima bantuan pangan dari pemerintah. ”Ini pengembangan dari rastra, jika sebelumnya diberikan langsung, sekarang mereka bisa mengambil bantuan itu melalu kartu keluarga sejahtera,” terangnya.

Dia menambahkan para pene­rima bantuan bisa mengambil bantan itu setiap tanggal 25 per bulan. ”Mereka menerima Rp 110.000 per bulan, untuk berasnya sendiri berjenis premium,” tuturnya.

Untuk launching dan sosialisasi BPNT sudah dilaksanakan di 10 kecamatan. ”Pak bupati juga ikut mendistrbusikan,” tegasnya. (den)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.