Penempelan Stiker untuk Bahan Pengajuan

157
0

CIHIDEUNG – Penempelan stiker “Keluarga Fakir Miskin” di rumah warga kurang mampu merupakan dasar pengajuan bantuan ke pemerintah pusat. Termasuk persoalan penempelan stiker di rumah Maemunah (60) di Jalan Bantar Kelurahan Argasari Kecamatan Cihideung yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tasikmalaya H Nana Rosadi mengatakan bahwa penempelan stiker merupakan hasil verifikasi Dinsos untuk masuk ke Basis Data Terpadu (BDT). Hasilnya akan diajukan untuk mendapat program bantuan dari pemerintah pusat. “Itu hanya untuk pengajuan ke pusat,” ujar dia kepada Radar, Senin (18/2).

Ada sekitar 250 ribu warga yang terverifikasi sebagai keluarga tidak mampu dan diajukan untuk menerima bantuan. Namun, hanya sekitar 60 persen yang dipastikan mendapatkan bantuan. “Tapi bisa juga lebih, kita harap bahkan bisa 100 persen,” tutur dia.

Bantuan sosial (bansos) dari pemerintah untuk tahun ini kemungkinan baru turun Juli mendatang. Bantuan yang saat ini dikucurkan kepada masyarakat masih mengacu kepada data 2017. “Jadi yang baru terverifikasi tahun ini, bantuannya nanti sekitar bulan Juli,” katanya.

Soal penamaan “Keluarga Fakir Miskin” yang dianggap terlalu melecehkan, kata dia, hal itu sudah diperhitungkan oleh pemerintah. Warga yang benar-benar miskin tidak keberatan dengan stiker tersebut. Stiker itu justru untuk mengantisipasi warga yang pura-pura miskin. “Sejauh ini mereka yang benar-benar tidak mampu enggak keberatan,” ucap dia.

Melalui stiker tersebut, pemerintah tidak berniat melecehkan masyarakat kecil. Upaya tersebut justru untuk menjaga hak warga kurang mampu agar tidak direbut oleh warga berkecukupan tapi berpura-pura miskin. Ukuran stiker yang kecil pun tidak terlalu mencolok ketika ditempel di depan rumah. “Daripada seperti yang di Surabaya ada yang sampai pakai pilok,” tuturnya.

Dinsos belum berencana mengubah konsep stiker yang menandai masyarakat tidak mampu tersebut. Dengan begitu, kalimat “Keluarga Fakir Miskin” pun akan tetap digunakan. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.