Penentuan Titik Gedung Creative Center Kotak Tasik Sudah Final

257
0
KOMPLEKS DADAHA. Gedung Creative Center (GCC) rencananya akan dibangun di antara Gor Sukapura dan Lapangan Tenis di Kompleks Olahraga Dadaha. Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya
Loading...

CIHIDEUNG – Pengkajian desain, pengukuran dan pemantapan lokasi pembangunan Gedung Creative Center (GCC) sudah tuntas. Gedung untuk mewadahi kreativitas anak-anak Kota Tasikmalaya itu rencananya dibangun di antara Gor Sukapura dan Lapangan Tenis di Kompleks Olahraga Dadaha.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya Aan Hadian menjelaskan, penetapan lokasi GCC yang akan dibangun dua lantai itu sudah sesuai dengan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Semula muncul opsi GCC dibangun di dekat Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya (GKKT). Namun, lokasi itu khusus untuk ruang terbuka hijau.

Selain itu, ada yang menyarankan GCC dibangun di luar Kompleks Olahraga Dadaha. Namun, opsi tersebut membutuhkan persiapan yang lama. Terutama tentang pembebasan lahan.

Hadian menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan mengucurkan anggaran sekitar Rp 18 miliar untuk GCC. Dalam proyek tersebut, pemerintah kota (pemkot) hanya sebagai penerima manfaat. Ke depannya, GCC akan dikelola oleh Uni Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dadaha.

Loading...

“Kami harap, nanti kaum milenial bisa memanfaatkan sarana tersebut. Sebab, kami memandang kenapa ada vandalisme, geng motor, itu tak ada wadah. Mari kita jadikan GCC wadah kreatif anak muda mengaktualisasikan kreativitasnya,” kata dia.

Dia mengajak orang-orang kreatif, baik dari kalangan seniman, budayawan, komunitas maupun pegiat kreatif lainnya untuk memakmurkan GCC.

“Misalnya perupa, selama ini kurang representatif jika di GKKT, kadang mereka di hotel, mal dalam memamerkan karyanya. Diharapkan bisa mengakomodir genre seni lain dan menjadi destinasi wisata seni,” ucap Hadian.

Menurut dia, kehadiran GCC akan mewadahi pegiat kreatif lainnya yang selama ini belum bisa mengaktualisasikan diri di GKKT. Jadi keberadaan GCC dan GKKT itu bisa saling melengkapi. “Memberi ruang pegiat kreatif jenis lain yang selama ini sulit dilaksanakan di GKKT,” tutur dia.

Pegiat Komunitas Film Rian Bungsu menyambut baik hadirnya GCC di Kota Resik. Hanya saja, dia menilai ada yang jauh lebih penting saat gedung tersebut terbangun.

“Isinya terutama yang harus menjadi pemikiran. Misalnya di dalam gedung itu terdapat sarana-prasarana penunjang dan pendukung para pegiat kreatif dalam mengimplementasikan ide dan gagasannya,” ujar Bungsu.

Dia ingin secara periodik dan terjadwal para komunitas bisa berkegiatan di GCC. Gedung itu harus menjadi ruang merancang ide dan gagasan, bukan hanya sekadar tempat pementasan atau pameran.

“Jangan seperti bangunan serupa di Kota Cimahi. Kita ketahui bersama, belum mencapai tujuan dari pendiriannya sebagai gedung pusat kreatif,” ucap dia.

Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) Bode Riswandi mendukung 100 persen pendirian GCC. Terutama dalam mewadahi ragam seni budaya yang tidak terakomodir di GKKT.

“Namun, kita harap pemerintah juga merealisasikan panggung arena yang sempat kami usulkan. Itu pun, semangatnya untuk mewadahi ragam seni yang tidak bisa ditampilkan di gedung kesenian,” kata dia.

Menurutnya, saat ini beberapa konser musik atau gigs tak lagi bisa menggunakan Gor Sukapura. Sementara, di GKKT tidak semua genre musik bisa atau layak ditampilkan di gedung tersebut.

“Maka kami usulkan panggung arena untuk mengakomodir itu. Selain, akan mempercantik juga taman hijau di sekitar GKKT,” ucap dia.

Presiden Komunitas Cermin Ashmansyah Timutiah juga menyambut rencana kehadiran GCC di Kompleks Olahraga Dadaha. Dia berharap gedung tersebut tak hanya sebatas wilayah fungsi semata digunakan oleh unsur pegiat kreatif.

“Nah, dalam pengelolaannya pun, kita harap ada aspirasi atau saran dan masukan dari seniman, sehingga tidak malah keluar dari fungsi gedung itu sendiri. Konsep pengelolaannya libatkanlah seniman,” harapnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.