Penertiban APK di Angkot Ditarget Beres Seminggu

11

BANJAR – Petugas gabungan dari Bawaslu dan Satpol PP bersama Dishub, kepolisian dan TNI menertibkan alat peraga kampanye (APK) atau stiker branding di kendaraan umum Kamis (6/12). Puluhan APK di angkot pun dicabut.

“Ada puluhan angkutan umum yang ditertibkan karena didapati terpasang APK atau stiker branding peserta Pemilu,” ujar Ketua Bawaslu Kota Banjar Irfan Saeful Rohman SPdI saat penertiban di Terminal Banjar kemarin.

Penertiban tersebut memiliki dasar hukum yang jelas, yaitu Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 dan 28 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilihan Umum, Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 33 Tahun 2018 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilihan Umum.

Selain itu, Surat Edaran Badan Pengawas Pemilu No. 1990/K.Bawaslu/PM.00.00/Xl/2018, Perihal Pengawasan Metode Kampanye Pemilu 2019 dan Keputusan Walikota Banjar Nomor 273/204/2018 Tentang Tempat atau Lokasi Fasililtas Umum di Kota Banjar yang Dapat Digunakan Sebagai Fasilitas Kampanye Pemilihan Umum Anggota Legislatif DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

“Minggu ini harus selesai penertiban di angkot. Setelah itu minggu depan tinggal ke lokasi yang tidak sesuai peraturan KPU, Bawaslu dan wali kota,” jelasnya.

Irfan menambahkan penertiban tersebut tentu ada sanksi berupa teguran. Bahkan bisa tidak diikutisertakan dalam tahapan Pemilu selanjutnya. Karena itu dirinya berharap peserta pemilu dapat memahami. “Dalam sebuah kontestasi harus diperhatikan mana yang diperbolehkan mana yang tidak diperbolehkan,” paparnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.