Mahasiswa dan Karyawan serta Dosen Unper Jadi Peserta PBN

Penerus Bangsa Ikuti Pendidikan Bela Negara

58
SEMATKAN TOPI. Ketua Pembina Yayasan Unsil Letjen TNI (Purn) H Endang Suwarya menyematkan topi kepada perwakilan peserta Pendidikan Bela Negara (PBN) saat upacara pembukaan Senin (11/2) di Lapangan Unper.Siti Aisyah / Radar Tasikmalaya

TASIK – Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya menggelar Pendidikan Bela Negara (PBN) angkatan ke-3 di kompleks kampus Unper. Sebanyak 1120 mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut sejak Senin-Sabtu (11-16/2).

Ketua Pembina Yayasan Unsil Letjen TNI (Purn) H Endang Suwarya menuturkan PBN salah satu bagian dari pendidikan kejiwaan, karena akan menumbuhkan nilai-nilai kejuangan, pantang menyerah, nilai-nilai ingin selalu maju, semangat disiplin dan lainnya.

“Dalam suatu lembaga atau organisasi harus memiliki karakter dan dedikasi itu dengan nilai-nilai kejuangan bahkan di negara luar sudah mutlak pendidikan karakter dan bela negara ini. Untuk mahasiswa mereka calon penerus bangsa tidak cukup hanya intelektual, tapi harus dibarengi nilai-nilai kejiwaan yang kuat,” terang Endang, Senin (11/2).

Cinta tanah air dan pantang menyerah, kata Endang, akan menjadi bekal mahasiswa ke depan untuk menghadapi bonus demografi yang luar biasa.

“Mahasiswa adalah potensi utama di bonus ini. Harapannya kita perguruan tinggi yang dijiwai nilai Siliwangi ingin menjadi pelopor dari nilai perjuangan bahwa berjuang itu bukan hanya perang, merebut teknologi yang bagus, membantu rakyat kecil juga bagian dari perjuangan,” tuturnya.

Rektor Unper Tasikmalaya Prof Dr H Yus Darusman MSi juga mengatakan sebanyak 1120 mahasiswa peserta PBN adalah mahasiswa tingkat satu. Tahun ini, para dosen dan karyawan juga diwajibkan mengikuti PBN.

“Jadi mahasiswa ada 1120 ditambah dengan dosen dan karyawan Unper 98 orang, sehingga jumlahnya makin banyak. Kegiatan kita sampai Sabtu,” tutur Yus.

Ke depan, PBN juga akan diikuti mahasiswa Unper yang akan menjadi sarjana. Di sana, calon sarjana akan diajarkan cara bela negara. PBN juga menjadi syarat ujian akhir mahasiswa, sehingga yang tahun ini tidak mengikutinya harus ikut tahun depan. (ais)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.