Penetapan Caleg Terpilih Tertunda

124
0
Save changes to the Adobe InDesign document “9 Metro.indd” before closing?

TAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya belum bisa memastikan waktu penetapan calon anggota legislatif (caleg) terpilih. Penetapan caleg terpilih yang dijadwalkan pekan ini kemungkinan dimundurkan lantaran masih ada gugatan dari salah satu caleg DPRD Kota Tasikmalaya ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPU Kota Tasikmalaya Dr Ade Zaenul Mutaqin MAg mengatakan, pihaknya masih menunggu penyer­ahan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) yang diserahkan MK kepada KPU RI. “Prosesnya kan sudah dimulai 1 Juli, tinggal kita tunggu hasilnya,” ujar dia kepada Radar, Rabu (3/7).

Akan tetapi, pihaknya men­dapat in­formasi adanya gugatan dari salah satu caleg DPRD Kota Tasikmalaya. Gugatannya se­batas meminta peninjauan kem­­bali hasil ra­pat pleno re­kapitulasi suara KPU Kota Tasikmalaya. “Kami juga be­lum tahu apa suara caleg atau parpol,” kata dia.

Menyikapi ini, pihaknya siap menghadiri sidang di MK untuk menjawab gugatan tersebut. Pihaknya pun sudah mempersiapkan beberapa dokumen khususnya DB-1, DA dan DAA. “Tentu kami juga akan membekali diri dengan dokumen-dokumen yang dibutuhkan,” tuturnya.

Jika gugatan itu benar-benar masuk dalam daftar BRPK, maka penetapan raihan kursi dan caleg terpilih DPRD Kota Tasikmalaya akan tertunda. Awalnya dia berencana akan segera melakukan penetapan pekan ini. “Kalau tidak ada gugatan ya kita bisa laksanakan dalam beberapa hari ke depan, tapi kita lihat nanti di BRPK dari MK,” kata dia.

Berdasarkan peraturan MK, penetapan raihan kursi dan caleg terpilih untuk daerah yang bersengketa baru bisa dilakukan setelah pengucapan putusan. Adapun jadwal pengucapan putusan penanganan perkara pileg yakni 6-9 Agustus men­datang. “Kalau benar ada gu­gatan, ya berarti kita baru bisa tetapkan Agustus mendatang,” kata dia. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.